All Indonesia Young Koi Show ke-13 Hadirkan 700 Ikan dari 150 Peserta

Dari kiri, Ragil Lanang (Sekjen JoKC), Eka Wiyandi (Ketua JoKC), Raditya Sindhu Utomo (Pembina JoKC) menyampaikan giat AIYKS dalam jumpa pers di Hartono Mall, Sabtu (22/4/2017) siang. (Mayang Nova Lestari/JIBI - Hariaan Jogja)
23 April 2017 02:22 WIB Sleman Share :

All Indonesia Young Koi Show jadi ajang bagi pencinta koi

Harianjogja.com, SLEMAN — Komunitas pencinta Ikan KOI wilayah DIY yang tergabung dalam Jogja Koi Club (JoKC) akan menggelar event Koi Show pada 26 hingga 30 April mendatang di Atrium Utama Hartono Mall, Condongvatur, Depok, Sleman mendatang. Acara yang digelar dalam skala Nasional ini bakal menyatukan sejumlah pencinta Ikan Koi dari seluruh wilayah di Indonesia.

Dijelaskan oleh Ketua Panitia acara, Eka Wiyandi, event bertajuk All Indonesia Young Koi Show (AIYKS) 2017 ini merupakan event kali ke-13 dalam pelaksanaannya. Sementara Kota Jogja mendapat kesempatan pertama kali untuk menggelar acara tersebut. Dalam event tersebut dikatakannya banyak kegiatan yang bakal diselenggarakan diantaranya yakni pameran ikan Koi, kontes Ikan Koi, dan juga Lelang yang diikuti oleh sejumlah pencinta Koi di wilayah Indonesia.

“Ini sebagai satu acara puncak apresiasi bagi para pencinta Koi di Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dalam memilih dan memelihara KOI yang mereka miliki,” kata dia saat gelaran jumpa pers di Hartono Mall, Sabtu (22/4/2017).

Eka melanjutkan, selama ini animo masyarakat terhadap Ikan KOI semakn tinggi dari tahun ke tahun. Hal tersebut terlihat melalui kepesertaan masyarakat dalam event ini. Sebanyak 150 peserta yang mendaftar telah memenuhi 78 dari 80 kolam yang disediakan panitia dengan perhitungan kurang lebih berjumlah 700 ekor ikan.

Dalam gelaran event tersebut dikatakan Eka akan memperebutkan berbagai trophy untuk sejumlah kategori diantaranya Grand Champion, Mature Champion, Adult Champion, Young Champion, Baby Champion, Melati Proze serta Best Size. Berbagai ikan seperti jenis Showa Shansoku, Taisho Sanshoku, Kohaku, Asagi, Kawarimono yang merupakan bagian dari 17 variietas serta 11 kelas berdasarkan ukuran ikan akan diikut sertakan dalam kontes.

"Juga ada peserta yang mengikuti kontes membawa ikan Koi langsung dari Jepang, negeri asal Ikan Koi," kata dia.

Ragil Lanang, Sekjen Jogja Koi Klub menambahkan, demi menjaga netralitas dan kualitas Koi Show akan dihadirkan 12 juri senior yang terbagi dari Juri asal Indonesia dan 50% juri asal Jepang. 12 juri tersebut merupakan juri senior yang telah tersertifikasi (certified judge )dengan sejumlah pengalaman di bidang penilaian ikan Koi.

Selain pelaksanaan kontes dan pameran, nantinya juga diharapkan dapat menularkan edukasi terkait budidaya ikan Koi yang baik dan benar. Sehingga dapat menambah pengetahuan serta semangat baru bagi masyarakat untuk mengenal atau bahkan memulai hobi baru mengembangkan ikan Koi di Indonesia.

"Tak hanya pecinta Koi, namun juga peternak dan pedagang ikan Koi di seluruh Indonesia hadir untuk saling memberikan pengalaman dalam memelihara ikan Koi.