Libur Panjang Akhir Pekan Jadi Berkah Pedagang di Objek Wisata

Ratusan orang terlihat memadati kawasan Pantai Pulangsawal (Wisatawan sering menyebutnya Pantai Indrayanti), Kecamatan Tepus, saat libur lebaran lalu. Diprediksi, saat libur akhir tahun jumlah pengunjung di kawasan wisata di Gunungkidul melonjak hingga 200.000 orang. foto diambil Rabu (30/7/2014). (JIBI/Harian Jogja - David Kurniawan)
25 April 2017 04:19 WIB Irwan A Syambudi Gunungkidul Share :

Musim liburan membawa berkah tersendiri bagi pedagang di sejumlah objek wisata

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Musim liburan membawa berkah tersendiri bagi pedagang di sejumlah objek wisata. Saat ramai pengunjung, barang dagangan juga kerap kali ludes terjual hingga dapat merih omzet jutaan rupiah.

Salah satu pedagang di objek Wisata Goa Pindul, Mita adalah yang mendapatkan berkah saat musim libur panjang. Dia berjualan aksesoris gadget pelindung air yang memang diburu wisatawan agar dapat membawa gadget mereka saat susur goa untuk digunakan berswafoto.

Harga untuk satu aksesoris dia jual bervariasi, dari mulai Rp10.000 hingga Rp20.000 tergantung ukuran. Kata dia selama dua hari terkhir saat libur panjang akhir pekan kali ini, dia dapat menjual sekitar 20 lebih aksesoris. “Ya lumayan kalau ramai seperti ini sehari bisa laku 10 lebih,” kata dia, Senin (24/4/2017).

Selain menjual aksesoris gadget, dia juga berjualan minuman kemasan, mie instan, dan nasi bungkus. Dari berjualan itu, kata dia hasilnya sangat lumayan, omzet rata-rata ketika musim libur sekitar Rp2 juta lebih.

“Kalau ramai seperti ini [Minggu (23/4/2017)] saya jual nasi 60 bungkus habis. Tapi kalau saya, meskipun masih ada yang mau beli kalau sudah habis ya sudah, saya enggak ngoyo,” kata dia.

Namun demikian, dia mengakui hasil yang dia dapatkan itu sudah jauh menurun dibanding dua atau tiga tahun lalu. Pasalnya dahulu pedagang masih sedikit. “Kalau sekarang di setiap sektretariat operator pengelola Gua Pindul sudah ada yang berjualan. Jualanya juga macam-macam mulai dari aneka aksesoris hingga makanan dan minuman,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang penjual minuman di Pantai Sepanjang, Kecamatan Tanjungsari, Purwanto juga mengaku mendapatkan berkah saat liburan panjang. Pasalnya saat pengunjung ramai, daganganya juga ramai diserbu wisatawan.

Menurutnya saat hari-hari bisa, dia meraih omzet sekitar Rp500.000. Namun saat masa liburan tiba omzetnya dapat meningkat dua hingga tiga kali lipat. Pada libur panjang akhir pekan saat ini saja dia dapat memperoleh omzet Rp1 juta hingga Rp2 juta rupiah per hari. “Terlebih kemarin [Minggu (23/4/2017)] itu ada sekitar 2.000 wisatawan yang datang,” kata dia.