JOGJA INTERNATIONAL AIR SHOW : The Jupiters Pertama Kali Geber Malioboro

Aksi akrobatik Jupiter dalam pembukaan Jogja International Airshow (JIAS) 2017 di Lapangan Terbang Gading, Desa Gading, Kecamatan Playen, Rabu (26/4/2017). (Gigih M. Hanafi/JIBI - Harian Jogja)
30 April 2017 00:22 WIB Sunartono Jogja Share :

Jogja International Air Show akan digelar hari ini

Harianjogja.com, JOGJA --  Tim Aerobatik TNI AU The Jupiters kembali melakukan tarian maut yang keempat kalinya dalam perhelatan Jogja International Air Show (JIAS) 2017, Sabtu (29/4). Enam pesawat buatan Korea Selatan itu untuk pertama kalinya dibesut para penerbang melakukan manuver di sepanjang Malioboro Jogja.

Leader The Jupiters Letkol Pnb HM. Kisha mengakui, untuk pertama kalinya, tim aerobatik TNI AU itu melakukan manuver di atas Alun-Alun Kota Jogja hingga sepanjang jalan Malioboro. Meski tidak semua manuver bisa ditampilkan karena dengan pertimbangan cuaca, namun penerbang ber-call sign Razor ini menganggap penampilannya di Malioboro sudah yang terbaik dilakukan.

"Ini merupakan kali pertama tampil di atas Malioboro dan Alun-Alun Utara, kami menganggap ini sangat ekslusif karena jarang dilakukan di jantungnya kota Kota. Tampil dimana saja sebenarnya tidak masalah sih, asal cuaca mendukung," ungkapnya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (29/4/2017).

Danlanud Adisitjipto Marsma TNI Novyan Samyoga menyampaikan pelaksanaan JIAS di Kota Jogja akan menjadi ikon TNI AU khususnya Lanud Adisutjipto. Kegiatan itu sebagai bentuk diplomasi budaya dan pariwisata melalui event kedirgantaraan. "Sehingga diharapkan masyarakat Kota Jogja lebih mengenal TNI AU dan mencintai olah raga dirgantara," ungkap dia.

Ia menambahkan JIAS 2017 lebih memanjakan masyarakat Kota Jogja dengan menggelar berbagai atraksi kedirgantaraan. Serta menyuguhkan atraksi-atraksi olahraga dirgantara seperti ratusan penerjun payung dari dalam negeri dan 18 penerjun dari mancanegara. Tak hanya itu, selain The Jupiters, juga tampil solo aerobatic Pitts 2C dan terbang lintas dengan microlight serta aeromodeling.

Dalam event tersebut juga digelar pawai alutsista serta berbagai komunitas baik sipil dan militer yang berkaitan dengan kedirgantaraan.