LALU LINTAS BANTUL : JIAS, Dispar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Aksi akrobatik Jupiter dalam pembukaan Jogja International Airshow (JIAS) 2017 di Lapangan Terbang Gading, Desa Gading, Kecamatan Playen, Rabu (26/4/2017). (Gigih M. Hanafi/JIBI - Harian Jogja)
30 April 2017 04:22 WIB Rheisnayu Cyntara Bantul Share :

Lalu lintas Bantul akan direkayasa di titik tertentu

Harianjogjga.com, BANTUL -- Menyambut penutupan acara Jogja International Air Show (JIAS) 2017 yang bertepatan dengan libur panjang di Pantai Depok, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyiapkan rekayasa lalu lintas. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penumpukan kendaraan di atas jembatan Kretek yang terjadi pada libur panjang sebelumnya.

Ketua Dinas Pariwisata Bantul, Supriyanto mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan SatPol PP untuk pengaturan arus lalu lintas. Nantinya, jalur wisata ke Pantai Parangtritis akan dijadikan satu arah yaitu masuk melalui Tempat Penarikan Retribusi (TPR) dan keluar lewat jalur Pantai Parangkusumo. Selain itu retribusi untuk pengguna sepeda motor dibayarkan di Trembes, beberapa ratus meter di selatan TPR. "Kami siagakan 10 petugas di Trembes, dan 20 petugas di TPR induk," kata dia, Jumat (28/4/2017).

Selain menjadikan Jalur Parangtritis satu arah, pihaknya juga menyiapkan rencana pemecahan arus kemacetan lewat sempalan Pundong jika terjadi penumpukan kendaraan di jembatan Kretek. "Kami sudah meminta izin ke Kecamatan dan Kepolisian Pundong," ujar dia.

Sekretaris Dispar Bantul, Jati Bayubroto mengatakan akan menambah personil penjaga TPR untuk menghindari kebocoran retribusi yang disinyalir terjadi pada beberapa kali libur panjang yang lalu. "Penambahan personil juga kami lakukan karena event Jogja International Air Show diprediksi akan melipatgandakan jumlah kunjungan wisatawan," ujar dia.