KULINER JOGJA : Menikmati Churros, Kuliner asal Spanyol

01 Mei 2017 15:20 WIB Jogja Share :

Churros, kuliner yang berasal dari negara Spanyol tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat kota Jogja

Harianjogja.com, JOGJA- Churros, kuliner yang berasal dari negara Spanyol tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat kota Jogja dengan tampilan yang lebih istimewa. Aneka ragam topping yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat street food.

Salah satu pengusaha kuliner churros di Kota Jogja, Arief Anirridlo, bersama rekannya Firdausy Tiara memulai usaha churros sejak Januari 2016 lalu. Arief mengatakan bahwa kuliner tersebut menjadi salah satu makanan tradisional di negara asalnya, Spanyol yang biasa disajikan sebagai menu utama dalam sarapan dengan dampingan minuman kopi.

Berkat ide kreatif yang dilakukan Arief dan Tiara, berusaha menjadikan kuliner churros agar dapat dinikmati oleh masyarakat di Jogja dengan harga yang terjangkau agar dapat dinikmati oleh semua kalangan juga dengan tampilan yang lebih eye catching.

“Aslinya churros ini hanya dinikmati dengan dip [cocolan] cokelat saja,” kata Arief kepada Harianjogja.com beberapa waktu yang lalu.

Dengan tagline ‘Spanish Doughnut Revolution’ , Ia membuat churros yang dilabelinya dengan brand ‘Churcol’ tersebut disajikan dengan berbagai macam topping, diantaranya yakni taburan gula dan cinnamon dengan dip rasa cokelat ataupun strawberry untuk original churros.

Sementara untuk varian churros lainnya diberikan topping berbagai pilihan yakni keju, kacang, oreo atau bahkan mix variant.

Arief pun menjelaskan tentang penyajian yang cukup sederhana. Donat spanyol awalnya melalui proses penggorengan sampai menemui titik kematangan dengan ciri berwarna kuning kecokelatan.

Setelah ditiriskan dari minyak penggorengan, dalam keadaan panas lantas diberikan taburan gula halus dan cinnamon. Sementara pengemasannya yakni menggunakan food grade yang didesain khusus untuk makanan.

Pada awal 2016 lalu Arief masih memperkenalkan produk kulinernya dari event ke event. Kemudian pada Maret 2017 lalu dirinya memberanikan diri untuk membuka outlet pertama yakni di Lippo Mall Jogja.

Kisaran harga yang ditawarkan pun beragam, untuk original churros yakni Rp13.000 dan untuk variant churros dihargai Rp15.000, sementara Rp16.000 untuk mix topping.