HUT Sleman, Ini Ragam Kegiatannya

Ilustrasi pengelolaan sampah. (108csr.com)
01 Mei 2017 07:22 WIB Redaksi Solopos Sleman Share :

HUT Sleman kali ini memiliki sejumlah acara

Harianjogja.com, SLEMAN -- Rangkaian peringatan Hari Jadi ke-101 Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2017 yang dimulai sejak beberapa hari lalu juga diisi dengan aksi sosial gerakan pungut sampah di Dusun Brengosan, Minggu.

Selain itu aksi sosial tersebut juga diisi dengan pemberian bantuan bedah rumah tidak layak huni senilai Rp12 juta untuk warga setempat Sutarto yang diserahkan langsung Ketua Umum Panitia HUT Kabupaten Sleman Sukarno.

"Bantuan bedah rumah ini akan disalurkan dalam tiga termin, sesuai dengan tahap pelaksanaannya," kata Sukarno seperti dikutip dari Antara, Minggu (30/4/2017).

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Ketua Umum peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman Sukarno, Ketua I Arif Pramana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Purwanto, Camat Ngaglik Anggoro Aji Sunaryono, dan tentunya masyarakat Dusun Brengosan.

Dalam gerakan pungut sampah imulai sejak pagi oleh warga dusun setempat dengan lokasi sekitar Dusun Brengosan, termasuk pembersihan Sungai Gendeng yang membelah Dusun Brengosan.

Usai kerja bakti yang juga melibatkan pejabat Pemkab Sleman terutama panitia Hari Jadi Kabupaten Sleman tersebut juga diserahkan bantuan untuk Padukuhan Brengosan, bantuan antara lain ikan nila merah sejumlah 30 kilogram diserahkan oleh Camat Ngaglik, dan langsung ditebar di Sungai Gendeng secara bersama-sama.

Bantuan yang lain berupa pohon gayam, gerobak sampah, kompos, drum sampah, mesin jahit, mesin pencacah sampah, dan papan larangan berupa larangan menyetrum ikan di sungai, larangan buang sampah sembarangan, dan lainnya.

"Bantuan yang jumlahnya tidak seberapa tersebut jangan dinilai jumlahnya, namun manfaat dari bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Sleman agar bantuan tersebut dapat memacu partisipasi dan swadaya masyarakat yang lebih besar," kata Sukarno.