UJIAN NASIONAL 2017 : Listrik Padam saat Siswa Kerjakan Soal

Sejumlah siswa SMP N 2 Wonosari sedang mengerjakan soal Ujian Nasional Berbais Komputer (UNBK), Selasa (2/5/2017). (JIBI - Irwan A. Syambudi)
03 Mei 2017 15:55 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP di Sleman pada Rabu (3/5/2017) diwarnai padam listrik

Harianjogja.com, SLEMAN - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP di Sleman pada Rabu (3/5/2017) diwarnai padam listrik. Gangguan tersebut terjadi di SMP Taman Dewasa, Ngemplak ketika sesi pertama baru saja dimulai.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Sleman, Ery Widaryana mengatakan ujian pada hari kedua ini berjalan relatif lancar. “Enggak ada masalah tapi listrik sempat padam sebentar,” jelasnya kepada Harianjogja.com.

Namun, hal ini dinyatakan tidak mengganggu karena pihak sekolah terkait telah menyediakan genset sejak awal.

Karena itu, ujian langsung dilanjutkan seperti biasa dan server tetap berfungsi normal sampai listrik kembali menyala tak lama kemudian. Dijelaskan jika saat itu cuaca memang kurang mendukung sehingga listrik padam ketika sesi pertama baru dimulai.

Ery mengatakan ujian mata pelajaran Matematika ini terpantau berjalan lancar. Tak ada laporan akan soal yang terganggu baik bentuk angka maupun diagram tertentu.

Adapun, terdapat 14.575 siswa SMP yang sedang melaksanakan ujian di Sleman. Jumlah tersebut terbagi di 136 sekolah, 85 sekolah melaksanakan ujian mandiri dan 51 lainnya masih menumpang.

Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo meminta pihak sekolah menyediakan genset  untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih lagi, cuaca yang tidak menentu belakangan ini bisa menyebabkan listrik mati sewaktu-waktu.