Berikan Layanan Terbaik, Ini Rahasia Kemenkumham DIY

Ustadz Bardan Usman saat memberikan tausiyah pada acara pengajian di Kanwil Kemenkumham, Rabu (3/5/2017). ( I Ketut Sawitra Mustika/JIBI - Harian Jogja)
04 Mei 2017 03:22 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Kemenkumham DIY menggelar pengajian bersama.

Harianjogja.com, JOGJA -- Peningkatan iman dan takwa serta pengembangan kapasitas diri merupakan langkah integral yang tak terpisahkan dalam usaha Aparatur Sipil Negara untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) DIY saat memberikan sambutan pada acara Pengajian Bersama Seluruh Pejabat dan Aparat di Lingkungan DIY, Rabu (3/5/2017).

Dewa mengatakan cita-cita reformasi birokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara belum sepenuhnya terwujud. Oleh karena itu, tambahnya, para ASN yang hadir dalam acara pengajian, sebagai bagian dari aparatur negara, berkewajiban ikut serta dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

“Menjawab berbagai tuntutan tersebut, maka penting bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mengembangkan integritas dan kapasitas sehingga akan menjadi manusia yang mampu menerjemahkan seluruh gerak langkah kehidupan,” kata Dewa pada acara yang digelar di Kanwil Kemenkumham tersebut.

Dengan demikian, imbuhnya, acara-acara keagamaan seperti pengajian menjadi penting untuk dilaksanakan dan dikembangkan supaya nantinya bisa berkontribusi positif dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya Pegawai Negeri Sipil.
Dewa menambahkan, sebagai manusia, kita harus menyadari semua kelemahan dan kekurangan diri di hadapan Tuhan dan senantiasa memohon kepada-Nya agar segala urusan bisa dimudahkan.

“Agama telah mengajarkan kepada kita untuk selalu menjaga kesucian diri. Hal ini memberikan kita pelajaran agar sebelum melakukan pekerjaan maka perlu adanya penyucian diri dan pengisian iman,” kata Dewa.

Ia berharap acara pengajian yang dimulai pada pukul 08.30 itu bisa memberikan kentraman dan kejernihan berfikir bagi yang hadir sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dengan baik.

Acara Pengajian Bersama Seluruh Pejabat dan Aparat di Lingkungan DIY sendiri merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap bulan di instansi-instansi pemerintahan DIY. Pada bulan Mei ini, giliran jatuh pada Kanwil Kemenkumham.

Selain dihadiri PNS, Kepolisian, dan TNI di wilayah DIY, acara ini juga dihadiri oleh Ma’mun, staf ahli Menteri Hukum dan Ham RI Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi dan Agus Hanadi, staf ahli Menteri Hukum dan Ham RI Bidang Hubungan Antar Lembaga.

Sementara itu, uztadz Bardan Usman, selaku penceramah dalam acara pengajian tersebut mengajak jamaah untuk selalu berusaha mensyukuri nikmat dunia, terutama yang berkaitan dengan iman. Menurutnya, rasa syukur terhadap iman akan membawa manusia menuju kedamaian.
Ustadz Bardan dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan tausiyah mengenai kebahagian keluarga. Bardan mengatakan, kebahagian keluarga tidak bisa dicapai hanya dengan mengandalkan materi semata.

“Untuk membuat keluarga bahagia pasangan harus saling menghormati, tidak berprasangka buruk, membelanjakan uang sebatasnya, saling koreksi, dan tobat dari kekurangan-kekurangan yang ada.”