Kraton Jogja Direnovasi, Anggaran Rp7 Miliar

HarianJogja/Gigih M. HanafiWisatawan mengunjungi Kraton Yogyakarta, Senin, (20 - 7). Kraton serta kawasan Malioboro masih menjadi menjadi tujuan utama saat berwisata baik wisatawan dari dalam kota maupun luar kota saat libur Lebaran.
05 Mei 2017 18:56 WIB Sunartono Jogja Share :

Pemda DIY merenovasi Bangsal Kencono dan Dalem Ageng Proboyakso yang berada di Kedhaton,

 
Harianjogja.com, JOGJA - Pemda DIY merenovasi Bangsal Kencono dan Dalem Ageng Proboyakso yang berada di Kedhaton, kompleks Keraton Ngayogyakarta melalui anggaran tahun 2017 sebesar Rp7 miliar.

Dalam pengerjaan rehabilitasi dua bagian inti Kraton ini harus melalui prosesi adat sesuai yang berlaku, seperti para pekerja wajib mengenakan seragam khusus.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIY Muhammad Mansyur menjelaskan, rehabilitasi kawasan Kraton Ngayogyakarta itu biasanya dikerjakan Dinas Kebudayaan DIY namun kemudian dilimpahkan ke Dinas PUP-ESDM DIY.

Adapun rehabilitasi di 2017 ini dilakukan dengan anggaran Rp7 miliar yang terbagi dalam dua kegiatan, yaitu rehabilitasi Bangsal Kencono dan Dalem Ageng Proboyakso, ditarget selesai pada akhir 2017.

Mansyur mengakui, pengerjaan rehabilitasi di kompleks inti Kraton ini tidak seperti proyek pada umumnya, karena harus memperhatikan banyak hal. "Sebelum direhab harus mendapat rekomendasi dulu dari pihak Kraton, dari dari berbagai sisi," katanya, Jumat (5/5/2017).