Advertisement

UJIAN NASIONAL 2017 : Dari Masalah Listrik hingga Antisipasi Kecurangan

Rheisnayu Cyntara
Sabtu, 06 Mei 2017 - 20:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
UJIAN NASIONAL 2017  : Dari Masalah Listrik hingga Antisipasi Kecurangan Sejumlah siswa SMP N 2 Wonosari sedang mengerjakan soal Ujian Nasional Berbais Komputer (UNBK), Selasa (2/5/2017). (JIBI - Irwan A. Syambudi)

Advertisement

Ujian Nasional 2017, ada beberapa evaluasi dari Disdikpora Bantul

Harianjogja.com, BANTUL-- Dari tiga hari pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ada beberapa evaluasi yang dicatat oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul.

Advertisement

Kepala Disdikpora Bantul, Totok Sudarto, mengatakan pihaknya akan berkomunikasi dengan PLN karena sempat ada penurunan voltase listrik yang dialami oleh SMP 2 Jetis. Karena penurunan volatase, komputer tidak dapat berfungsi dengan maksimal sehingga sekolah terpaksa menggunakan genset untuk mengatasinya.

"Kami tidak tahu apakah ada travo yang meledak atau sebab lain. Kami akan komunikasi dengan PLN agar UNBK hari Senin nanti lancar," ujar dia, Jumat (5/5/2017).

Terkait dengan server yang sempat offline, pihaknya mengimbau pada panitia agar siap mengunduh soal saat online dan segera mendistribusikannya pada peserta sehingga saat permasalahan tersebut kembali muncul, siswa tetap dapat menerjakan soal tanpa gangguan.

Totok juga menjamin tidak ada kebocoran ataupun kecurangan yang terjadi saat UNBK kali ini, sebab sistem dirancang sedemikian rupa untuk meminimalisir kecurangan yang mungkin terjadi. Setiap siswa selesai mengerjakan soal, proktor akan segera menggunggah hasil jawaban tersebut.

"Kini kepercayaan kepada guru meningkat karena kecurangan tidak mungkin dilakukan," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement