Lulusan SMK 1 Sewon Dinanti, 442 Alumni Siap Kerja

Siswa SMK 1 Sewon menjalani proses pesta kelulusan (Arif Wahyudi/JIBI - Harian Jogja)
07 Mei 2017 03:22 WIB Bantul Share :

SMK 1 Sewon meluluskan siswanya

Harianjogja.com, BANTUL -- Sukses meluluskan seluruh siswanya tahun lalu, SMK 1 Sewon kembali menorehkan hasil positif tahun ini. Sekolah yang berada di Dusun Pulutan, Desa Pendowoharjo, Sewon itu tahun ini meluluskan 442 siswanya.

Tak hanya itu, prestasi lainnya adalah banyaknya lulusan yang sudah diterima di dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Berdasar data sekolah tersebut, tercatat 75 persen lulusan sudah mendapatkan pekerjaan.

“Sebagian besar sudah sesuai dengan kompetensinya,” ungkap Kepala SMK 1 Sewon Sudaryati di sela Wisuda dan Tutup Tahun di SMK 1 Sewon, Selasa (2/5/2017) lalu.

Selama ini, pihaknya memang nyaris selalu menempatkan lulusannya di sejumlah perusahaan, baik nasional, multinasional, maupun internasional. Sebut saja misalnya di Malaysia, tepatnya di PT Pen Appareel. Sementara di lingkup nasional, sejumlah hotel besar juga banyak diisi oleh lulusan-lulusan SMK 1 Sewon.

Memang, dari total tujuh kompetensi keahlian, Jasa Boga dan Pattisery, Akomodasi Perhotelan dan Usaha Jasa Pariwisata, serta Tata Busana masih menjadi idola para siswa. Tak heran, lulusan dari ketiga kompetensi ini lah yang laris di dunia kerja. “Meski kompetensi lainnya macam tata kecantikan rambut dan kulit serta Teknik Komputer Jaringan juga banyak yang bekerja kok,” tambahnya.

Tak hanya dunia kerja, sejumlah siswanya juga tak luput dari prestasi. Mulai dari lomba peragaan busana, desain busana, hingga Festival Inovasi dan Karya Siswa (FIKS). “Tahun lalu, siswa kami Fajar Fitriyani berhasil meraih juara I Lomba Desain Busana Bonafest Universitas Negeri Yogyakarta. Begitu juga dengan Bu Erma, salah satu guru kami berhasil meraih juara II Best Practice tingkat nasional,” katanya.

Terpisah, Kepala Balai Pendidikan Menengah Bantul Suhirman mengakui, SMK 1 Sewon adalah salah satu SMK yang cukup diminati di Bantul. Dengan diraihnya ISO 9001/2015 membuat SMK 1 Sewon kerap menjadi sekolah rujukan. “Kabarnya, tahun ini juga ditunjuk sebagai wakil Bantul untuk sekolah Adiwiyata tingkat Nasional,” katanya