SMA Stella Duce 1 Jogja Bentuk Srikandi Cerdas Tangguh dan Cinta Budaya

Siswi-siswi peserta Kemah Pramuka SMA Stella Duce 1 Jogja mengikuti kegiatan Jemparingan di kawasan wisata Candi Prambanan, Jumat (4/5/2017). (Abdul Hamid Razak/JIBI - Harian Jogja)
07 Mei 2017 23:20 WIB Sleman Share :

Puluhan siswi kelas X Siswi SMA Stella Duce 1 Jogja mengikuti kegiatan kemah di kawasan wisata Candi Prambanan

Harianjogja.com, JOGJA- Puluhan siswi kelas X Siswi SMA Stella Duce 1 Jogja mengikuti kegiatan kemah di kawasan wisata Candi Prambanan. Kegiatan rutin tahunan tersebut dilakukan untuk membentuk para Srikandi yang cerdas tangguh dan cinta budaya.

Ketua pelaksana kegiatan Danny Anggoro S mengatakan, kegiatan perkemahan tersebut digelar sejak Jumat (4/5/2017) hingga Sabtu (5/5/2017). Selama dua hari dilaksanakan, para peserta mengikuti beragam kegiatan. Mulai ketangkasan, keterampilan hingga kegiatan budaya.

"Misalnya pelatihan aeromodelling, langsung dari pakarnya. Siswa Saka Dirgantara diberi pelatihan bagaimana merakit pesawat mainan," katanya di lokasi kegiatan, akhir pekan lalu.

Selain itu, peserta juga diajarkan Jemparingan, tradisi panahan kuno yang sampai sekarang masih dilestarikan. Para peserta juga dibekali dengan pemahaman situs (candi) sebagai warisan budaya, keterampilan membuat sabun colek, hingga demo memasak.

"Ada juga jelajah alam dan budaya. Masing-masing regu mengitari rute yang ditentukan di mana setiap pos melakukan aktivitas yang diminta pembina," jelasnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMA Stella Duce Indri mengatakan, aktivitas kemah di ruang terbuka menjadi kegiatan rutin tahunan. Sebelumnya, kegiatan yang sama dilaksanakan di wilayah Bantul.

"Kegiatan tersebut merupakan ekstrakulikuler yang diikuti oleh siswa kelas X. Prambanan dipilih karena lokasi tersebut dinilai cocok untuk kegiatan kemah tahun ini," ujarnya.