Buka Jalur Baru, Trans Jogja Siap Negosiasi dengan Bus Kota

Bus baru Trans Jogja berwarna biru siap mengaspal, Rabu (25/5/2016). (Gilang Jiwana/JIBI - Harian Jogja)
08 Mei 2017 15:19 WIB Sunartono Jogja Share :

Kepala UPTD Trans Jogja Sumaryoto menyatakan saat ini dalam tahap negosiasi

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala UPTD Trans Jogja Sumaryoto menyatakan, tiga jalur baru yang akan dioperasikan bulan Mei 2017 adalah jalur 6A, 6B dan jalur 8. Karena itu, pihaknya mengagendakan rapat bersama dengan kru perkotaan pada Senin (8/5/2017).

Ia berharap dalam negoisasi itu ada titik temu dan sama-sama mendapatkan solusi. Mengingat Pemda DIY telah merencanakan pengoperasian 17 jalur Trans Jogja selama bertahun-tahun. "Kami saat ini dalam tahap negosiasi," ujarnya.

Terkait saran kru perkotaan agar Pemda DIY membeli trayek dan armada perkotaan, Sumaryoto menilai, hal itu tidak bisa dilakukan, mengingat tidak ada dasar hukum yang kuat.

Apalagi, pihak yang mengeluarkan trayek adalah pemerintah dengan pertimbangan untuk kepentingan umum. "Ya tidak bisa, itu trayek siapa kok disuruh beli, armada juga tidak memungkinkan untuk dibeli," ungkap dia.

Soal perekrutan kru angkutan perkotaan ke dalam awak Trans Jogja, hal itu tentu bisa dilakukan. Namun, ia memberikan catatan, dalam setiap penyediaan sumber daya manusia seperti pramudi dan pramugara, harus sesuai prosedur. "Bisa saja [direkrut ke Trans Jogja], tetap melalui tahapan juga," kata dia.