TRANS JOGJA : Negoisasi Berhasil, 4 Jalur Barat dan Utara Beroperasi Pekan Ini

Bus baru Trans Jogja berwarna biru siap mengaspal, Rabu (25/5/2016). (Gilang Jiwana/JIBI - Harian Jogja)
09 Mei 2017 01:52 WIB Sunartono Jogja Share :

Trans Jogja akhirnya akan mengoperasikan empat jalur baru

Harianjogja.com, SLEMAN -- Kru Angkutan Perkotaan mulai melunak dan merelakan Dinas Perhubungan DIY mengoperasikan empat jalur Trans Jogja setelah melalui negoisasi, Senin (8/5/2017) sore. Keempat jalur tersebut adalah Jalur 5A dan 5B yang menyasar utara dan Jalur 6A dan 6b melewati kawasan Ringroad Barat.

Baca Juga : Buka Jalur Baru, Trans Jogja Siap Negosiasi dengan Bus Kota

Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY Gatot Saptadi menjelaskan, negoisasi bersama kru perkotaan menunjukkan perkembangan karena perlahan mereka bersedia menerima program Pemda DIY dalam pengoperasian Trans Jogja. Ketidaksetujuan mereka disebabkan masalah komunikasi semata. Kekhawatiran kru perkotaan, kata Gatot, adalah Trans Jogja mengambil penumpang mereka. Padahal Trans Jogja mengambil penumpang dari halte. Selain itu pemasangan halte ditempatkan di kawasan yang bukan menjadi tempat pemberhentian bus perkotaan.

"Awalnya mereka menganggap persinggungan penumpang ini Trans Jogja mengambil penumpangnya, padahal Trans Jogja mengambil di halte dan halte ini dipasang tidak ditempat berkumpulnya penumpang, akhirnya sore ini mereka bisa menerima untuk beberapa jalur," jelasnya di Dishub DIY, Senin (8/5/2017) sore.

Ia menambahkan, hasil kesepakatan kru perkotaan telah menerima pengoperasian empat jalur. Antara lain Jalur 5A, 5B yang beroperasi dari Jombor, Sindu Edupark, UGM, Jalan Adisutjipto, UPN, Ringroad Utara, MM UGM, Monjali dan kembali ke Jombor. Sedangkan jalur 6A dan 6B dari Ngabean menuju Jalan Bugisan, Ringroad Selatan, UMY, Pasar Gamping, Park and Ride dan kembali ke Ngabean melewati Bayeman dan Sonosewu. Keempat jalur ini akan dioperasikan paling lambat pada Senin (15/5/2017) pekan depan.

"Tersisa enam jalur yang belum beroperasi, tadi disepakati empat jalur 5A, 5B, 6A dan 6B untuk yang jalur 8 dan 10 ditunda dulu, ini bagian akan dievaluasi," lanjutnya.