UNPK DIY Juga Terapkan CBT, Apa Kendala yang Ditemui?

09 Mei 2017 21:55 WIB Jogja Share :

UNPK DIY diharapkan juga menerapkan CBT

Harianjogja.com, JOGJA - Tidak hanya menjangkau Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), sistem computer based test (CBT) pun juga diharapkan dapat diterapkan dalam Ujian Nasional Paket Kesetaraan (UNPK) baik paket B maupun C.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/?p=815601">2018 Ujian Sekolah Terapkan CBT, Bagaimana dengan Pengadaan Komputer?

Permasalahan untuk penerapan sistem CBT dalam UNPK, jelas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji, ada pada kemampuan mengoperasikan komputer para peserta ujiannya. Pasalnya banyak yang sudah berusia tidak muda lagi sehingga belum familiar dengan komputer.

Hanya saja melihat dari upaya simulasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, ternyata peserta UNPK juga lancar dalam pelaksanaannya. Butuh waktu empat kali simulasi dan mereka sudah bisa mengoperasikan komputer untuk mengerjakan soal di monitor.

"Kesulitannya kan biasanya saat login saja. Jadi peserta yang enggak bisa nantinya bisa dibantu teknisi untuk membukanya. Mereka tinggal mengarahkan mouse untuk memilih jawaban yang dianggap benar saja, jadi sederhana," ujar Baskara Aji memperjelas, Senin (8/5/2017).