Jelang Lebaran, Sejumlah Ruas Jalan Rusak di Gunungkidul Diperbaiki

09 Mei 2017 22:19 WIB Irwan A Syambudi Gunungkidul Share :

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Gunungkidul melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Gunungkidul melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan menjelang lebaran. Upaya perbaikan itu untuk memfasilitasi pemudik yang biasa memadati jalan saat musim lebaran.

Kepala Bidang Bina Marga, DPUPKP Gunungkidul, Jaka Lelana mengatakan, perbaikan ruas jalan akan dimulai menjelang Ramadan. Kemudian ditargetkan sebelum lebaran rehabilitasi jalan itu sudah rampung.

Untuk itu, pihaknya telah memanggil sejumlah rekanan untuk segera menyiapkan pengerjaan rehabilitasi jalan tersbut. “Belum lama ini kami sudah memanggil rekanan untuk mengecek kesiapan pengerjaan,” kata dia, Senin (8/5/2017).

Setelah semua persyaratan dan ketentuan sudah dijalankan maka pengerjaan fisik langsung akan dilakukan. Lanjutnya lagi sejumlah rekanan yang telah dipilih melalui mekanisme penunjukan, khusus untuk proyek di bawah Rp200 juta itu, kini telah mulai bekerja.

“Semua kontraktor berasal dari lokal dan saat ini sudah mulai proses pengerjaan fisik ke lapangan,” ungkapnya.

Sementara itu, dia mengakui sejumlah ruas jalan yang rusak dan membutuhkan perbaikan kini semakin bertambah sehingga membutukan rehabilitasi atau pemeliharaan berkala.

Menurut Jaka, sejak 2015 sejumlah ruas jalan di Gunungkidul mengalami peningkatan status menjadi jalan kabupaten. Dari 686 kilometer menjadi sekitar 1.200 kilometer. Konsekuensi dari peningkatan status jalan ini, maka ruas jalan kabupaten yang rusak juga bertambah.

“Sebelum ada penambahan peningkatan ruas jalan kabupaten, kondisi jalan rusak sudah mencapai 686 kilometer. Sementara jalan dalam kondisi baik mencapai 481,54 kilometer dan rusak sepanjang 204,46 kilometer,” ungkapnya.

Dari jumlah kerusakan tersebut, diantaranya langsung diperbaiki dan harus tuntas sebelum lebaran. Diantaranya perbaikan pada ruas jalan di Jalan Grogol-Wareng, Jalan Umbulrejo-Gejahan, Jalan Tobong-Candirejo, Jalan Karangsari-Semin dan Jalan Baran-Melikan.

Sejumlah jalan tersebut merupakan jalan kabupaten yang pada rehabilitasi tahun ini masing-masing dianggarakan Rp200 juta. ”Targetnya semua selesai sebelum lebaran,” ujarnya.

Dia mengatakan, anggaran rehabilitasi jalan itu menggunakan dana dari kabupaten, provinsi maupun pusat. Dana tersebut selain digunakan untuk rehabilitasi jalan, juga digunakan untuk perbaikan gorong-gorong, talud, dan trotoar di sejumlah ruas jalan.

Sebelumnya, Kepala DPUPKP Gunungkidul Eddy Praptono mengungkapkan, pihaknya tidak memberikan target khusus untuk program perbaikan jalan menyambut lebaran di tahun ini. Sebab proses perbaikan, khususnya dengan alokasi anggaran besar dan diharuskan melalui mekanisme lelang bakal dilakukan sesuai prosedur yang ada.

Namun demikian, Eddy tetap akan berusaha memaksimalkan upaya perbaikan sebelum lebaran. Hanya saja, proses tersebut dilakukan dengan jalan tambal sulam terhadap titik-titik jalan yang rusak.

“Anggaran untuk penambalan ini mencapai Rp1 miliar. Mudah-mudahan proses pemeliharaan itu dapat selesai sebelum lebaran sehingga mempermudah akes bagi pemudik di Gunungkidul,” ungkapnya.