Sempat Ricuh, Aksi Damai di Jogja Tetap Jalan Terus

Aksi damai digelar di Tugu Jogja (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)
10 Mei 2017 22:02 WIB Sunartono Jogja Share :

Aksi damai juga digelar di Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA -- Tidak hanya Jakarta, warga Jogja pun menggelar aksi damai di Tugu Jogja pada Rabu (10/5/2017) pukul 19.00-21.00 WIB. Sikap ini dinyatakan degan menyalakan lilin bersama sebagai simbol melawan ketidakadilan dan menolak sentimen agama dan rasisme di Indonesia. Dalam aksi damai ini sempat terjadi kericuhan.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/2017/05/10/aksi-damai-di-jogja-ditandai-dengan-penyalaan-lilin-bersama-815998">Aksi Damai di Jogja Ditandai dengan Penyalaan Lilin Bersama

Dari pantauan Harianjogja.com, aksi ini dimulai pukul 19.00 WIB, tepat seperti isi pesan berantai yang disampaikan kelompok bernama Aliansi Merapi Merawat Pancasila untuk Indonesia melalui aplikasi whatsapp. Aksi damai ini dimulai dengan menyalakan lilin. Baru 20 menit berjalan, tiba-tiba ada rombongan yang membubarkan massa dari arah Barat.

Berusaha meredam situasi yang tak kondusif tersebut, massa memilih membubarkan diri. Sebagian ada yang bertahan di seputaran Tugu Jogja, sebagian lagi memilih pulang.

Polisi pun mengamankan enam orang yang berusaha menimbulkan kericuhan. Mereka diamankaan karena dinilai memprovokasi.

Setelah situasi kondusif, massa yang masih berada di lokasi kembali menggelar aksi damai. Hanya, aktivitas dipusatkan di sisi Selatan Tugu Jogja atau tepatnya di area Miniatur Tugu Jogja.

Keramaian terlihat di lokasi tersebut. Namun keramaian ini tidak hanya terdiri dari massa yang mengikuti aksi damai tetapi juga pengunjung di sekitar Tugu Jogja atau Jalan P. Mangkubumi.