7 Liter Livina Mampu Tempuh Ratusan Kilometer

Peserta Tantangan 7 Liter Livina berfoto bersama di kompleks Candi Prambanan, belum lama ini. (Ist - Nissan)
11 Mei 2017 14:22 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Livina mengadopsi eco-driving

Harianjogja.com, JOGJA-PT Nissan Motor Indonesia (NMI) hari ini menyelenggarakan rangkaian tantangan eco-driving untuk menunjukkan fungsi nyata efisiensi bahan bakar pada model Grand Livina. Melalui acara “Tantangan 7 Liter Livina”, para peserta kali ini menempuh perjalanan dari Madiun ke Jogja, menyusul kesuksesan tantangan serupa yang dilakukan pada rute Bandung-Jakarta, dengan rekor kosumsi bahan bakar sebesar 1:30,3 Km/Liter.

Tantangan ini diadakan untuk membuktikan manfaat nyata teknologi Nissan Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission), yaitu transmisi otomatis tanpa menggunakan roda gigi, yang tersemat pada model Grand Livina, sebagai salah satu contoh teknologi Nissan Intelligent Mobility.

“Tantangan 7 Liter Livina” diadakan di jalur utama Madiun-Jogja yang padat kendaraan dan berhasil mencatatkan rekor konsumsi bahan bakar sebesar 1:25L  liter. Jalur yang ditempuh kali ini dipilih karena situasinya yang menantang, di mana peserta harus menerapkan keterampilan mengemudi terbaik mereka untuk melewati lalu lintas yang padat dengan truk dan bus antar kota, sepeda motor, dan kondisi permukaan jalan yang sempit dan tidak rata, serta jalur pasar.

Vice President Sales & Marketing PT NMI, Davy J Tuilan mengatakan, pencapaian ini merupakan bukti bahwa Nissan Xtronic CVT memberikan kontribusi signifikan kepada efisiensi Grand Livina, di mana mobil dapat dikendarai secara halus tanpa adanya hentakan karena perpindahan gigi baik secara manual atau otomatis, sehingga terdapat keseimbangan optimal antara tenaga yang dihasilkan dan konsumsi bahan bakarnya.
“Teknologi penting ini adalah salah satu contoh dari banyak teknologi dengan visi Nissan Intelligent Mobility lainnya yang memberikan manfaat nyata bagi konsumen kami,” kata Davy dalam rilis yang diterima Harian Jogja, pekan lalu.

NMI mengadakan “Tantangan 7 Liter Livina” di jalur utama Madiun-Jogja untuk membuktikan keandalan dan efisiensi Grand Livina dalam kondisi jalur sehari-hari. Selama menempuh jarak sekitar 160 km ini, banyak situasi menantang di mana peserta harus menyalip kendaraan besar sambil tetap mempraktekan teknik eco-driving.

Selain itu, kombinasi jalur tanjakan dan turunan di beberapa titik memaksa para peserta untuk mengatur pedal gas dengan lebih bijaksana. Para peserta juga harus menghadapi berbagai tantangan di setiap kotanya, seperti saat menghadapi jalur pasar yang sibuk dan banyaknya lampu lalu lintas. Semua tantangan ini harus dilalui para peserta untuk mencapai garis finish dengan hanya menggunakan tujuh liter bensin pada  mobil mereka.

Konsumsi bahan bakar yang paling efisien dalam tantangan kali ini tercatat sebesar 25.3 km per liter, berdasarkan Multi Information Display (MID) yang sebelumnya telah dikalibrasi pada awal kompetisi. “Aktivitas di Madiun dan Jogja kali ini merupakan bagian komitmen Nissan untuk terus memperkenalkan teknologi Intelligent Mobility kepada masyarakat Indonesia secara luas,” tutup Davy.