Jelang Ramadan, Unilever Bersih-bersih 1001 Masjid

Sejumlah warga muslim memasuki kawasan Masjid Kampus UGM untuk mengikuti Salat Idul Fitri 1347 H, Rabu (6/7). Ada ribuan jamaah yang menghadiri salat di Masjid ini. (Sunartono/JIBI - Harian Jogja)
12 Mei 2017 12:25 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Menyambut bulan Ramadan, PT Unilever Indonesia Tbk. menggelar kegiatan “Bersih-Bersih 1001 Masjid”

Harianjogja.com, JOGJA- Menyambut bulan Ramadan, PT Unilever Indonesia Tbk. melalui brand kategori Home Care seperti Vixal, Rinso, Superpell, dan Molto menggelar kegiatan “Bersih-Bersih 1001 Masjid”.

Willy Saelan, Human Resources Director PT Unilever Indonesia Tbk menjelaskan kegiatan ini diadakan di 33 kota/kabupaten, 11 provinsi diseluruh Indonesia dan berlangsung pada tanggal 21 April hingga 23 Mei 2017.

"Masjid yang bersih dan nyaman dapat mendukung para jamaah menjalankan ibadah yang khusyuk, nyaman dan lancar untuk meraih kesempurnaan Ramadan," tuturnya, dalam pers release yang diterima Harianjogja.com, Jumat (12/5/2017).

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, kegiatan ini berlangsung pada 22 April hingga 9 Mei 2017, menjangkau 16 masjid, termasuk Masjid Jogokariyan yang tahun ini genap berusia 50 tahun.

Selama periode ini, ratusan warga bersama dengan anggota Dewan Masjid Indonesia ikut berpartisipasi membersihkan masjid. Hingga sebelum bulan Ramadan, kegiatan Bersih-Bersih 1001 Masjid akan dilaksanakan di sekitar 14 masjid lain, antara lain Masjid Ani’mah pada 19 Mei 2017, dan Masjid Pangeran Diponegoro, Tegalrejo pada 21 Mei 2017.

“Unilever memahami bahwa budaya membersihkan masjid yang dilakukan oleh masyarakat sekitar masjid secara bersama-sama telah menjadi salah satu rutinitas, terutama saat menyambut bulan suci Ramadan," tambah Willy.

Pada bulan Ramadan, semakin banyak kegiatan ibadah yang dilakukan secara berjamaah di masjid seperti salat wajib dan sunnah, salat tarawih, pesantren kilat, pengajian rutin, sahur dan buka bersama, dan lainnya.

Andi Mappaganty selaku Ketua Bidang Sosial dan Kemanusiaan Dewan Masjid Indonesia menjelaskan masjid adalah pusat dari kegiatan ibadah dan sosialisi yang dilakukan umat Muslim sehari-hari. "Kegiatan ini semakin bertambah saat bulan Ramadan begitupun dengan jumlah jamaah yang beribadah di masjid," katanya.

Oleh sebab itu, diperlukan partisipasi masyarakat untuk ikut serta menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman. Masjid yang bersih dan nyaman dapat mendukung para jamaah menjalankan ibadah mereka dengan khusyuk, nyaman dan lancar untuk meraih kesempurnaan Ramadan.

Dengan demikian, kegiatan ini mampu mewujudkan salah satu pilar paling penting bagi umat Muslim yaitu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan lahiriah (jasmani) ataupun batiniah.