Advertisement

Pelantikan Bupati Kulonprogo dan Walikota Jogja Disiapkan 500 Undangan

Sabtu, 13 Mei 2017 - 02:19 WIB
Nina Atmasari
Pelantikan Bupati Kulonprogo dan Walikota Jogja Disiapkan 500 Undangan Harian Jogja/Gigih M. HanafiGubernur DIY, Sultan Hamengkubuwono X bersama GKR Hemas dan Wakil Gubernur DIY, Pakualam IX (kanan) menyapa wartawan usai pelantikan di Gedung Agung, Jogja, Rabu (10 - 10). Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuono X dan Wakil Gubernur Pakualam IX di lantik langsung oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Advertisement

Pemda DIY memastikan pelantikan Walikota Jogja dan Bupati Kulonprogo terpilih akan dihelat pada Senin (22/5/2017) mendatang

Harianjogja.com, JOGJA - Pemda DIY memastikan pelantikan Walikota Jogja dan Bupati Kulonprogo terpilih akan dihelat pada Senin (22/5/2017) mendatang. Sembari menunggu SK Pelantikan dari Mendagri, Pemda DIY menyiapkan berbagai hal mulai dari undangan hingga berita acara pelantikan.

Advertisement

Sebelumnya, pasangan Haryadi - Heroe ditetapkan sebagai pasangan terpilih dalam Pilkada Kota Jogja. Sedangkan Pasangan Hasto-Tedjo ditetapkan sebagai terpilih dalam Pilkada Kulonprogo. Kedua pasangan inilah yang bakal segera dilantik.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY Benny Suharsono memastikan pelantikan keempatnya akan dilakukan bersamaan pada Senin (22/5/2017) mendatang yang juga secara serentak nasional. Mengingat masa jabatan bupati dan walikota di kedua daerah tersebut telah habis pada Mei 2017.

"Sehubungan dengan masa akhir jabatan Bupati Kulonprogo dan Walikota Jogja Berakhir yang akan ditarik pelantikan tahap pertama. Kedua wilayah ini akan berakhir masa jabatannya sebelum Mei 2017, maka keempat yang terpilih itu akan masuk dalam kerangka pelantikan serentak pada 22 Mei besok," terang pria yang juga menjabat sebagai Plt Sekwan DPRD DIY ini, Jumat (12/5/2017).

Ia menambahkan untuk mempersiapkan pelantikan, telah digelar rapat sebanyak dua kali dengan melibatkan kabupaten/kota. Pada Senin (15/5/2017) pekan depan, kembali akan dihelat rapat koordinasi akhir.

Meski informasi kepastian waktu pelantikan itu baru didapatkan dari Kemendagri pada Kamis (11/5/2017) malam, namun jauh sebelumnya, pihaknya telah berupaya mempersiapkan.

"Persiapan susah dilakukan dua kali rapat koordinasi, sebelum kami tahu tanggalnya kan tetap kami persiapkan karena diawal sudah di warning [waktu pelantikan] antara Mei, Juli dan atau Desember," ungkapnya.

Terkait SK Mendagri yang akan diberikan kepada Walikota, Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati, pihaknya memutuskan untuk mengambil langsung ke Jakarta.

Terkait proses persiapannya, akan ada komunikasi melalui surat elektronik dengan Kemendagri terutama berkaitan dengan SK dan berita acara pelantikan yang harus disiapkan. Mengingat SK dari Mendagri sehari sebelum pelantikan biasanya baru bisa diambil.

"Kalau untuk proses yang cepat kami bisa upayakan dengan kopiannya melalui surat elektronik. Kami susun draftnya dulu karena tetap harus kiami umumkan dan nanti diserahkan aslinya kepada keempat beliau yang dilantik," ucapnya.

Selain itu, lanjut Benny, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan protokol terkait penjadwan Gubernur DIY HB X yang akan melantik di Bangsal Kepatihan. Undangan 500 orang untuk eksekutif, legilstatif dan instansi samping lainnya juga tengah dipersiapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement