KOMUNITAS WEDANGAN : Pajang Karya Seni di Gallery Prawirotaman Hotel

Para seniman di Komunitas Wedangan bersama GBPH Yudhaningrat. (Ist)
13 Mei 2017 18:40 WIB Budi Cahyana Jogja Share :

Perupa dan seniman berusia di atas 50 tahun yang senang berkumpul di warung angkringan

Harianjogja.com, JOGJA—Berkarya dan berkreasi tidaklah memandang usia. Hal itulah yang terpikirkan manajemen Gallery Prawirotaman Hotel saat pertama kali bertemu dengan Komunitas Wedangan.

Ternyata, komunitas ini terbentuk karena hal yang sederhana, yaitu perupa dan seniman berusia di atas 50 tahun yang senang berkumpul di warung angkringan, menghabiskan waktu luang dengan saling bercerita hingga menjelang waktu tidur.

Di pertengahan tahun ini, Gallery Prawirotaman Hotel kembali menggelar sebuah pameran seni. Kali ini, hotel yang terletak di kampung turis Prawirotaman ini menggandeng Kelompok Wedangan untuk menampilkan karya seni lukis sebanyak lebih dari 65 buah pada 10 Mei hingga 11 Juni 2017 di Gallery Sky Lounge Gallery Prawirotaman Hotel.

Mengambil tema Ngawe Kadang IV, pameran seni ini dibuka pada 10 Mei 2017 pukul 19.00 WIB oleh GBPH Yudhaningrat. Dalam rilis kepada Harian Jogja, Sabtu (13/5/2017), di acara sambutan, Gusti Yudha mengungkapkan seni lukis dapat menjadi potensi untuk meningkatkan industri pariwisata di DIY.

Kelompok Wedangan berdiri pada 2009 dan merupakan divisi seni rupa dari Yayasan Seni Rupa Mataram Indonesia (YSRI) yang berada di bawah pelindung GKR Hemas. Keunikan dari kelompok yang beranggotakan 40 orang ini adalah para anggotanya yang berusia di atas 50 tahun.

Pameran Ngawe Kadang IV terbuka bagi siapa saja yang ingin menikmati karya seni mereka. Ervin Erryawan, General Manager Gallery Prawirotaman Hotel, mengatakan sebagai hotel yang mengusung konsep galeri, Gallery Prawirotaman Hotel sangat mendukung para seniman untuk mengembangkan potensi yang dimiliki melalui pemberian wadah untuk mengeksplorasi kreativitas mereka.

Sebagai bentuk apresiasi kepada penikmat seni, boutique hotel berbintang empat ini akan memberikan diskon 10% makanan dan minuman bagi para pengunjung pameran Ngawe Kadang IV, mulai dari 10 Mei hingga 11 Juni 2017. Selain itu, ada harga kamar khusus bagi para kolektor lukisan yang hendak membeli karya lukis tersebut.