SERANGAN WANNACRY : Pelayanan yang Butuhkan Akses Jaringan ke Pusat Terganggu

15 Mei 2017 21:55 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Serangan wannacry coba diantisipasi Pemkot Jogja

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Jogja menyatakan sudah mengantisipasi serangan virus Ransomeware Wannacry dengan mematikan semua jaringan komputer di semua organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kecamatan. Sejak Minggu (14/5/2017) malam.

"Semua OPD juga sudah diminta untuk melakukan back up data ke penyimpanan eksternal," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Jogja, Tri Hastono, Senin (15/5/2017).

Sampai Senin Siang (15/5/2017), semua jaringan internet masih belum bisa diakses. Tim dari Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian bersama teknisi di beberapa OPD masih terus mengecek semua komputer di semua OPD. Tri juga sudah meminta semua OPD melaksanakan tahapan-tahapan sebagaimana yang direkomendasikan Kementrian Komunikasi dan Informatika.

"Kalau ada kesulitas segera melaporkan." harapnya.

Pengecekan komputer dan server ini menghentikan beberapa pelayanan khususnya pelayanan yang membutuhkan akses jaringan ke Pemerintah Pusat, salah satunya adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja.

Total ada 100 komputer dan 20 server di kantor Disdukcapil, telum termasuk di kecamatan. Semuanya masih dalam pengecekan.

"Maka untuk sementara perekaman KTP elektronik, pencetakan KTP, dan pengecekan data belum bisa dilayani baik di kantor dinas mau pun di kecamatan," kata Kepala Seksi Data dan Informasi, Disdukcapil Kota Jogja, Deddy Feriza.