Milad Ke-54, Universitas Aisyiyah Rilis Film Nyai Ahmad Dahlan

Perwakilan dari Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) saat berkunjung ke Griya Harian Jogja dan diterima Redaktur Halaman Bantul, Gilang Jiwana. (Mediani Dyah Natalia/JIBI - Harian Jogja)
16 Mei 2017 18:55 WIB Mediani Dyah Natalia Jogja Share :

Universitas Aisyiyah Yogyakarta Milad ke-54 tahun.

Harianjogja.com, JOGJA -- Milad ke-54 dimaknai Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) dengan menggelar sejumlah acara, satu di antaranya adalah merilis Film Nyai Ahmad Dahlan pada Sabtu (20/5/2017).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Unisa, Taufiqurrahman menyampaikan sebenarnya usia Unisa baru setahun. Sebab lembaga ini baru setahun terakhir secara resmi menyandang nama universitas. Namun, tegas dia, institusi ini telah mengabdi di dunia pendidikan selama 54 tahun sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes).

"Asal mula, kami dari Sekolah Kebidanan pada tahun 1963. Lembaga ini jadi satu-satunya di Indonesia yang didirikan oleh organisasi perempuan, Aisyiyah. Tahun ini juga Milad Ke-100 tahun untuk Aisyiyah," terang dia saat audiensi ke Griya Harian Jogja, Selasa (16/5/2017).

Memperingati hari jadi tersebut, Unisa selama tiga bulan ke depan menggelar sejumlah acara. Adapun pada Sabtu (20/5/2017), pihaknya mengadakan Unisa Fest 2017.

"Ada banyak acara yaang kami adakan besok Sabtu. Misalnya meet and greet soft launch Film Nyai Ahmad Dahlan. Hadir pemain film tersebut, seperti Tika Bravani, Cok Simbara dan David Chalik. Selain itu, ada juga lomba Mubaligh Mubalighah antar SMA se-DIY, pidato bahasa inggris, pameran pendidikan, flea market, bazar murah sembako, pameran kewirausahaan dan pertunjukkan musik," imbuhnya.

Humas STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta, Sinta Maharani menambahkan pada kesempatan tersebut, pihaknya akan menyelenggarakaan serangkaian aksi sosial. Sebagian dari 16 program studi (prodi) Unisa, kata dia, turut mengambil bagian dalam kesempatan ini. Misal, memberikan pemeriksaan gratis untuk masyarakat umum, tes IVA, pemeriksaan ibu hamil hingga deteksi dini tumbuh kembang anak.

"Tidak ketinggalan prodi Arsitektur, akan memberikaan konsultasi gratis mengenai desain," imbuhnya.