Antisipasi Serangan Virus Ransomware Tak Pengaruhi Pelayanan E-KTP

Suasana pelayanan di Kecamatan Depok, Sleman, Jumat (22/9/2016). (Yudho Priambodo - JIBI.Harian Jogja)
18 Mei 2017 17:20 WIB Sleman Share :

Aktivitas jaringan internet untuk pelayanan publik dan perkantoran di lingkungan Pemkab Sleman diklaim aman dari serangan malware

Harianjogja.com, SLEMAN– Aktivitas jaringan internet untuk pelayanan publik dan perkantoran di lingkungan Pemkab Sleman diklaim aman dari serangan malware. Pasalnya, selain seluruh data sudah diback-up, peningkatan pengamanan data juga dilakukan.

Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sleman, misalnya, sudah melakukan pembackupan data pada Senin (15/5/2017) lalu. Selain pembackupan data, Disdukcapil juga meningkatkan keamanan jaringan internetnya. Hal itu dilakukan untuk meredam serangan malware.

"Sampai saat ini belum ada masalah. Seluruh proses perekaman e-KTP juga tidak ada kendala,"kata Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sleman Sofan Nugroho, Rabu (17/5/2017).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman, Intri Yudaningsih menjelaskan, seluruh data-data Kegiatan pelayanan publik di instansi Pemkab Sleman berjalan secara normal.

Jaringan internet hanya dimatikan selama setengah hari pada Senin (15/5/2017) lalu. "Termasuk Disdukcapil. Sebab instansi itu memiliki data yang sangat banyak dan detail dari masing-masing warga," jelasnya.

Selain masing-masing SKPD, kebijakan yang sama juga diterapkan di kecamatan, Puskesmas dan sekolah. Diskominfo sampai saat ini belum mendapatkan laporan gangguan jaringan akibat malware dari instansi manapun.