Advertisement

KISAH INSPIRATIF : Siti Sudjarahwati Ingin Menciptakan Lagu Anak hingga Usia Senja (1/4)

Sabtu, 20 Mei 2017 - 07:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
KISAH INSPIRATIF : Siti Sudjarahwati Ingin Menciptakan Lagu Anak hingga Usia Senja (1/4)

Advertisement

Kisah Inspiratif mengenai Siti Sudjarahwati yang konsisten menciptakan lagu anak.

Harianjogja.com, JOGJA -- Kecintaan dan rasa peduli yang begitu besar terhadap dunia anak-anak menjadikan Siti Sudjarahwati, bergerak membuat sebuah pembuktian. Bukti yang sekaligus menjadi baktinya pada negeri Indonesia yang kaya akan keindahan alam, budaya, juga kesenian yang tak pernah padam.

Advertisement

Siti membongkar kembali tumpukan catatan berkas di masa lalu. Dengan teliti ia memilih dan memilah catatan tua miliknya tersebut. Menyisir satu demi satu kata yang tertuang di kertas dengan jarinya yang lebih banyak terdapat keriput. Sesekali terdengar suaranya lirih melantunkan lirik, menyebut kata bendera, tanah pusaka, juga Indonesia.

Perempuan berusia 73 tahun tersebut mulai bercerita bagaimana awal mula ia membuat belasan karya yang berfokus di bidang seni suara. Kala itu ia masih terjun menjadi seorang pendidik di salah satu sekolah dasar di Sleman, DIY.  Anak-anak didiknya menjadi objek pengamatannya waktu itu, dimana terlihat jelas pola perilaku anak yang kerap membuatnya berkali harus mengelus dada.

“Anak-anak senang dan sering sekali menyanyikan lagu-lagu milik orang dewasa. Waktu itu hati saya mengatakan ada yang perlu diperbaiki di sini,” kata Siti saat dijumpai di kediamannya di Condong Catur, Kamis (4/5/2017).

Siti merasa sangat prihatin dengan munculnya fenomena tersebut. Bukan tanpa alasan, selain semakin jauh dari lagu-lagu yang sesuai dengan usianya, ada perilaku yang menurutnya tak seharusnya dilakukan anak-anak. Misalnya, anak-anak seusia sekolah daar telah mengenal cinta dengan lawan jenis. Fenomena hubungan antar orang dewasa seperti adanya istilah pacaran juga merebak di lingkungan anak didiknya.

Menurut Siti, ada keterkaitan dalam berbagai hal tersebut yang dimulai dengan kebiasaan anak menyanyikan lagu-lagu dewasa tersebut. Tergugah Siti untuk membuat lirik lagu yang dibuat khusus untuk anak-anak usia sekolah. Besar harapan Siti dengan adanya lagu-lagu tersebut dapat mengubah perilaku anak-anak sekolah saat ini.

“Berkesenian itu menyampaikan pesan moral. Melalui karya seni itu anak-anak akan berimajinasi. Jangan sampai salah menyampaikan,” kata Siti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement