KISAH INSPIRATIF : Siti Sudjarahwati Hasilkan Puluhan Lagu Anak (2/4)

20 Mei 2017 11:22 WIB Jogja Share :

Kisah Inspiratif mengenai Siti Sudjarahwati yang konsisten menciptakan lagu anak.

Harianjogja.com, JOGJA -- Kecintaan dan rasa peduli yang begitu besar terhadap dunia anak-anak menjadikan Siti Sudjarahwati, bergerak membuat sebuah pembuktian. Bukti yang sekaligus menjadi baktinya pada negeri Indonesia yang kaya akan keindahan alam, budaya, juga kesenian yang tak pernah padam.

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/?p=818125">KISAH INSPIRATIF : Siti Sudjarahwati Ingin Menciptakan Lagu Anak hingga Usia Senja (1/4)

Sedikitnya ada 20 lagu anak-anak karangan Siti yang terangkum dalam satu album berjudul ‘Pesona Pertiwi’. Beberapa judul lagu di antaranya yakni Murai Bernyanyi,Teka-Teki, Panorama, Kibarkan Selalu, Keindahan Malam, Kisah Petani, dan juga Go To School.  Siti mengatakan dalam lagu karangannya tersebut banyak tertulis lirik yang menggambarkan keindahan alam semesta, kecintaan pada lingkungan, juga tanah air. Selain tu ada sejumlah lagu anak-anak terdahulu yang diaransemen ulang bersama Agus Patub, salah satu seniman di Jogja.

Sebelum lagu-lagu tersebut terkumpul menjadi satu jilid buku lagu anak-anak, susah payah Siti mengumpulkan naskah-naskah lirik yang telah ia mulai sejak 2002 lalu. Setelah suaminya meninggal dunia pada 2011, akhirnya Siti memberanikan diri untuk mencari dan mengumpulkan kembali lirik-lirik yang ia buat, hingga pada Maret 2013 terbitlah buku kumpulan lagu anak-anak ciptaannya.

“Lebih dari 10 tahun saya menyimpan rapat naskah-naskah ini. Tidak ada publikasi, yang ada kala itu ketika saya masih terlalu sibuk urus anak dan suami,” kata Siti saat dijumpai di kediamannya di Condong Catur, Kamis (4/5/2017).

Siti yang kini telah menjadi nenek dari 15 orang cucu tersebut mengatakan telah mencintai seni suara sejak ia masih muda. Meski tak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk membuat buku dan cd mencapai Rp20 juta tersebut tak menjadi masalah bagi Siti. Terpenting, satu cita-citanya memulai perubahan dan memberikan kontribusi pada negeri sudah terjalankan.