VANDALISME JOGJA : Dishub Kewalahan Bersihkan Sampah Visual

Harian Jogja/Arief JuniantoSejumlah pelajar yang tergabung dalam kelompok Anti Vandalisme Sedayu tengah membersihkan coretan di salah dinding yang ada di Jalan Pedes-Kemusuk, Dusun Panggang, Desa Argomulyo, Jumat (21 - 4)
20 Mei 2017 19:22 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Vandalisme Jogja juga menyasar area yang ditempatkan di ketinggian 4 meter

Harianjogja.com, JOGJA -- Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Jogja 7 Juni mendatang, Dinas Perhubungan Kota Jogja bersama Polresta Jogja membersihkan sampah visual yang menutupi sejumlah rambu lalu lintas, Jumat (19/5/2017).

"Hari ini [kemarin] kami barus menyasar sampah visual yang menutupi rambu lalu lintas di sepanjang Jalan Kusumanegara," kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Darat, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto, kemarin.

Golkari mengaku sempat kewalahan membersihkan sampah visual berupa coretan, tempelan kertas, hingga sanduk-spanduk promosi. Bahkan dirinya sempat heran rambu petunjuk arah Desa Wisata Tahunan, Umbulharjo, setinggi sekitar empat meter tidak luput dari ulah tangan jahil.

"Padahal pasti pelaku coret-coret menggunakan tangga." kata dia.

Meski kerap berpatroli secara berkala untuk mengetahui persoalan rambu-rambu lalu lintas, namun Golkari mengaku belum mendapati langsung pelaku vandalisme. Ia berharap partisipasi masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan lingkungan, khususnya yang mengotori rambu lalu lintas.

Sebab, kata dia, rambu lalu lintas merupakan petunjuk untuk pengendara, "Kalau petunjuknya tidak bisa terlihat maka sangat membahayakan pengguna jalan," ujar Golkari.