ULANG TAHUN KE-9 HARIAN JOGJA : Senantiasa Meningkatkan Kualitas

Pemotongan tumpeng di ulang tahun ke-9 Harian Jogja di Griya Harian Jogja, Sabtu (20/5/2017).(JIBI/Harian Jogja - Desi Suryanto).
20 Mei 2017 22:33 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Momentum berbenah dan meningkatkan kualitas produk, baik media cetak maupun online

Harianjogja.com, JOGJA—Semangat dan optimistis tinggi mewarnai perayaan hari ulang tahun ke-9 Harian Jogja di Griya Harian Jogja, Sabtu (20/5/2017). Bertambahnya usia dijadikan momentum berbenah dan meningkatkan kualitas produk, baik media cetak maupun online.

Beberapa tenda dan sebuah panggung kecil berukuran 3x4 meter didirikan sebagai lokasi acara utama. Beberapa hiburan dan permainan sempat digelar di panggung kecil tersebut, sebelum acara utama, yaitu potong tumpeng, dilaksanakan.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono, menuturkan hari jadi Harian Jogja yang kesembilan digunakan sebagai ajang introspeksi diri agar ke depan produk jurnalistik yang dihasilkan bisa lebih komprehensif.

“Itu memang bukkan persoalan mudah, terlebih persaingan media yang semakin sengit. Karena itu, kami menyediakan platform online, yaitu harianjogja.com,” paparnya seusai acara, kemarin. Dia menegaskan Harian Jogja senantiasa berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki dengan menggelar berbagai macam pelatihan.

Ketua Dewan Redaksi Harian Jogja, Ahmad Djauhar, menyampaikan apabila sebuah perusahan surat kabar ingin menjadi lebih baik, dalam artian menjadi sumber utama referensi masyarakat, hal yang harus dilakukan adalah memperbaiki kualitas produknya.

Indikator jurnalisme yang berkualitas adalah jurnalisme yang berpegang teguh pada kebenaran, verifikasi yang ketat, memihak kepentingan publik, bisa membuat sesuatu yang penting menjadi menarik, menyediakan forum untuk kritik serta komentar publik dan memiliki kebebasan dalam memantau kekuasan. “Saya harap kualitas Harian Jogja tidak kalah dengan media nasional walau skalanya lokal,” ucapnya.