PAMERAN POTENSI DAERAH : Pakem Tawarkan Tema Back to Nature

Suasana Pameran Potensi Daerah (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)
21 Mei 2017 10:22 WIB Sekar Langit Nariswari Sleman Share :

Pameran Potensi Daerah, tiap kecamatan memiliki keunggulan

Harianjogja.com, SLEMAN -- Kecamatan Pakem dalam Pameran Potensi Daerah (PPD) Sleman 2017 menawarkan keunggulan unsur natural dalam tampilan stannya. Tampilan itu juga dilengkapi dengan beragam keunggulan kuliner khas Pakem.

Rini Handayani, salah satu anggota  Kelompok Wanita Tani (KWT) Pakem yang ada di stan, menyampaikan jika tema kembali ke alam menjadi salah satu ide utama.

"Pengen tampilan beda dari biasanya, back to nature,"ujarnya kepada Harianjogja.com pada Sabtu (20/5/2017).

Stan ini terlihat berbeda dari yang lainnya karena memanfaatkan sejumlah kayu dan ditata dengan ciamik. Tatanan ini memberi kesan modern bak cafe-cafe kekinian. Rini menjelaskan penggunaan kayu ini diterapkan tanpa pernis sehingga menjaga kesan alami. Penataan ini dilakukan sepenuhnya oleh sejumlah anggota KWT dengan mengandalkan inspirasi dari sosial media.

Sejumlah produk yang dipamerkan disokong dari 4 KWT berupa manisan salak, makanan ringan, jahe, secang, abon, dan beragam jenis lainnya. Rini menguraikan jika salah satu produk, eggroll, diproduksi tanpa menggunakan terigu. Ketiadaan bahan baku impor ini dianggap lebih menyehatkan bagi konsumen. Selain itu, ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian pangan.

Sejauh ini, sebagian besar pembeli cukup tertarik dengan produk makanan yang ada. Rini menyebutkan manisan salak dengan tambahan selasih juga menjadi salah satu produk yang paling diminati.

Asmiati, salah satu pengunjung asal Seyegan, mengatakan tertarik dengan ragam produk salak yang dihadirkan. Apalagi harganya juga dinilai ramah di kantong. "Stannya juga menarik, beda dari kecamatan lainnya,"ujar dia yang datang dengan kerabatnya ini.