Advertisement

TRANS JOGJA : PT AMI Desak JTT Soal Pengadaan Armada

Sunartono
Rabu, 24 Mei 2017 - 12:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
TRANS JOGJA : PT AMI Desak JTT Soal Pengadaan Armada Petugas kabin Transjogja menunjukkan ruang khusus penyandang disabilitas di Trans Jogja. Armada baru ini didesain lebih ramah bagi penyandang disabilitas. (Gilang Jiwana/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Trans Jogja direncanakan jumlahnya bertambah.

Harianjogja.com, JOGJA -- PT Anindya Mitra Internasional (AMI) berencana membeli 39 unit bus untuk mendukung pengembangan operasional Trans Jogja di 2018. PT AMI juga mendesak PT Jogja Tugu Trans (JTT) selaku mitra untuk segera melunasi kewajibannya dalam pengadaan kekurangan bus Trans Jogja di 2017.

Advertisement

Baca Juga : TRANS JOGJA : Respon Masyarakat Positif, PT AMI Rencanakan Beli 39 Bus di 2018

Menurut Direktur PT AMI Dyah Puspitasari, PT JTT telah menyanggupi akan melakukan pengadaan bus baru paling akhir Agustus 2017. Meski saat ini masih kurang 23 unit, namun PT JTT bersedia mengadakan 29 unit bus. Kondisi armada saat ini berjumlah 105 unit, terdiri atas 25 bus bantuan Kementerian Perhubungan Mei 2016, 40 bus bantuan Kementrian Perhubungan pada Desember 2016 dan PT AMI sendiri telah mengadakan 40 unit di 2017.

"Ini kami sambil menunggu pengadaan dari PT JTT, kan rencananya mau ditambah armadanya. Kami desak PT JTT segera [melakukan pengadaan] karena sudah ada kesanggupan," tegasnya, Selasa (23/5/2017)

Selain, menunggu kelengkapan armada, bersama Dinas Perhubungan DIY, pihaknya akan melakukan sosialisasi terkait rencana pengoperasian penambahan dua jalur yang masih belum terlaksana sesuai rencana total 17 jalur.

Dyah mengatakan, untuk mendukung tingkat idealnya jumlah armada, pada 2018 pihaknya akan membeli 39 bus untuk Trans Jogja. Sehingga Trans Jogja akan didukung 167 unit bus pada 2018 mendatang. Rencana itu sejalan dengan pengambilalihan wewenang seluruh manajemen Trans Jogja mulai dari pengelolaan dan penentuan sarana prasarana hingga pendapatan dari Dinas Perhubungan kepada PT AMI selaku BUMD DIY.

"Kalau dari PT AMI di 2018 merencanakan total 167 armada Trans Jogja. Sehingga kami akan mengadakan di 2018 sekitar 39 armada. Tahun ini [2017], kami targetkan 128 armada termasuk yang dari PT JTT," ungkapnya.

Terpisah Direktur PT JTT Agus Andriyanto menyatakan kesiapannya untuk membeli 29 unit bus guna mendukung operasional Trans Jogja. "Kami sudah memesan ke karoseri, tetapi butuh proses, dan kami memperkirakan Agustus [2017] itu yang kami adakan bisa beroperasi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement