Advertisement

UII JOGJA : Duta FE UII Belajar Jurnalistik dan Public Speaking

Jum'at, 26 Mei 2017 - 19:21 WIB
Galih Eko Kurniawan
UII JOGJA : Duta FE UII Belajar Jurnalistik dan Public Speaking Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo, berbicara di pendidikan dan pelatihan (Diklat) Jurnalistik dan Public Speaking Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) di kampus FE UII Condongcatur, Sleman, Kamis (25/5 - 2017). (Ist)

Advertisement

Semua pemateri didatangkan dari eksternal UII yang semuanya adalah praktisi

Harianjogja.com, SLEMAN—Tim Marketing and Communication (Marcomm) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Jurnalistik dan Public Speaking, Kamis (25/5/2017), di kampus FE UII Condongcatur, Sleman.

Advertisement

Manajer Marcomm FE UII Arif Singapurwoko mengatakan diklat yang digelar kali kali ini berbeda dengan acara serupa yang digelar tiap tahun. “Jika tahun-tahun sebelumnya menghadirkan pemateri internal kampus UII, diklat kali ini semua pemateri didatangkan dari eksternal UII yang semuanya adalah praktisi,” ujarnya, Kamis.

Diklat yang diikuti seluruh anggota baru Marcomm FE UII periode 2017/2018 diawali dengan pemberian materi jurnalistik oleh Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo. Dalam sesi pertama diklat itu, Nugroho menjelaskan dalam membuat rilis pers, seorang humas harus memahami kaidah-kaidah pemberitaan.

Harus bisa memerhatikan unsur dasar berita, syarat berita, dan nilai berita. “Yang paling penting dalam membuat berita adalah melihat sudut pandang paling menarik dari sebuah peristiwa. Patokannya adalah nilai berita,” katanya.

Pada Sesi Kedua, materi diisi mengenai public speaking yang dibawakan Daru Wibowo, praktisi dan juga akademisi yang kini menjadi Ketua Perhumas DIY. Dalam kesempatan tersebut Daru menjelaskan bagaimana seharusnya menjadi seorang presenter yang baik, cara bersikap saat presentasi, dan cara menanggulangi kesalahan saat berada di depan umum.

“Sehebat apapun presenter tidak mengubah kualitas produk yang ia presentasikan. Namun seorang presenter dapat mengubah persepsi orang untuk dapat menggunakan produk tersebut,” kata Daru.

Marcomm FE UII merupakan unit kerja learning incubator yang terdiri dari mahasiswa aktif di FE UII. Di unit itu, mahasiswa diajarkan bagaimana caranya bekerja layaknya di sebuah perusahaan. Selain menjalani kuliah, mahasiswa juga memiliki tanggung jawab membantu beberapa tugas fakultas sebagai duta kampus untuk melaksanakan promosi, pemasaran, dan melakukan kerja sama dengan pihak eksternal untuk memperkenalkan FE UII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement