Tingkatkan Keamanan, Warga Arisan Beli HT

27 Mei 2017 22:19 WIB Rheisnayu Cyntara Bantul Share :

Pembelian HT dengan cara arisan ini merupakan kesadaran warga sendiri  dalam rangka meningkatkan keamanan lingkungannya

Harianjogja.com, BANTUL --Beragam upaya dilakukan warga untuk menciptakan rasa aman di lingkungan tempat tinggal mereka, salah satunya dengan arisan membeli Handie Talkie (HT) yang dilakukan oleh warga RT 82 dan RT 83 Dusun Kadibeso, Argodadi, Sedayu, Bantul.

Dengan cara tersebut, kini sudah ada 32 HT yang terbeli. HT digunakan untuk berbagai keperluan seperti informasi Kamtibmas, ronda, dan hal penting lainnya yang membutuhkan untuk ditangani segera.

Dukuh Kadibeso, Jana mengatakan pembelian HT tersebut dilakukan secara berkelompok, tiap kelompok terdiri dari 10 orang warga. Masing-masing warga membayar Rp70.000 per bulan sehingga terkumpul Rp 700.000.

Uang tersebut digunakan untuk membeli HT seharga Rp600.000 dan sisanya digunakan untuk keperluan pos kamling dan keperluan sosial warga lainnya.

Menurut Jana, pembelian HT dengan cara arisan ini merupakan kesadaran warga sendiri  dalam rangka meningkatkan keamanan lingkungannya. Sebab tidak bisa dipungkiri dengan lokasi pedusunan berada di pinggir jalan, sering terjadi kasus pencurian ternak warga.

"Dari sanalah [pencurian ternak] kemudian warga berinisiatif membeli HT untuk kepentingan mereka sendiri,” katanya di sela-sela lomba Jaga Warga tingkat Kabupaten Bantul di pos jaga Kadibeso, Rabu (24/5/2017) malam.

Babinkamtibmas Desa Argodadi Aipda Murgiyadi mengatakan meski radius panggil HT tersebut hanya sejauh lima kilometer dan bersifat lokal, namun keberadaannya sangat penting untuk membantu warga. "Fungsinya menciptakan rasa aman dan juga membantu segala keperluan warga,” ucapnya.