Tingkatkan Kapasitas Startup Kuliner, Bekraf Kembali Akan Gelar Demoday di Bandung

Para startup berfoto bersama di sela-sela Demoday Food Startup Indonesia (FSI) Bali 2017, Senin-Rabu (22-24/5/2017). (Ist - Bekraf)
29 Mei 2017 03:24 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Bekraf kembali mengadakan demoday Juni 2017 di Bandung

Harianjogja.com, BALI -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mempertemukan 50 pengusaha rintisan (startup), mentor, dan investor subsektor kuliner dalam Demoday Food Startup Indonesia (FSI) Bali 2017. Demoday FSI Bali 2017 diselengarakan pada Senin-Rabu, (22-24/5).

Sebanyak 50 startup yang lolos seleksi untuk mengikuti demoday tersebut sudah memenuhi persyaratan yaitu usaha sudah berjalan 1-5 tahun, memiliki ide kreatif, mempunyai transaksi dan produksi, berinovasi pada produk, model bisnis unggul, memiliki traction dan segment pasar, berpotensi meningkatkan skalabilitas, serta mampu menarik investor untuk berinvestasi.

Bekraf menyelenggarakan talkshow sekaligus mentoring selama acara berlangsung. Para startup mendapatkan ilmu pengetahuan untuk mengembangkan usaha dari ahli kuliner nusantara dan investor. Mereka bisa memamerkan produk maupun jasa saat demoday. Di akhir acara, mereka berkesempatan mengembangkan network saat makan malam bersama.

“Pada Demoday FSI, Bekraf memberi peluang startup kuliner untuk memperluas network, meningkatkan kapasitas melalui mentoring, dan menarik perhatian investor. Harapannya, ada investor yang tertarik berinvestasi,” tutur Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (27/5/2017).

Pada hari pertama, Bekraf menghadirkan enam kedeputian Bekraf pada talkshow terkait pendukungan Bekraf pada subsektor kuliner. Adapun topik yang dibahas dalam talkshow mulai Hak Kekayaan Intelektual (HKI), business mindset, pengawet makanan berbasis nanobioteknologi, sampai strategi menyusun jalur distribusi yang handal untuk meningkatkan pertumbuhan usaha.

Selama talkshow berlangsung, 25 startup kuliner terpilih melaksanakan pitching dan mentoring dengan mentor sekaligus investor. Akhirnya, Bekraf menetapkan 10 startup untuk mengikuti program Bekraf selanjutnya terkait FSI di Jakarta pada September 2017.

“Bagi startup kuliner yang berminat ikut Demoday, Bekraf masih membuka peluang untuk mendaftar Demoday FSI Bandung secara online di foodstartupindonesia.com yang ditutup pada 17 Juni 2017," tutup Fadjar.