Polres Sleman Periksa Senjata Aparatnya

Personil Provos melakukan pemeriksaan senjata api yang dimiliki oleh anggota Polres Sleman dan polsek jajaran di Mapolres Sleman, Senin (29/5/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)
29 Mei 2017 14:55 WIB Sekar Langit Nariswari Sleman Share :

Personil Polres Sleman dan jajarannya menjalani pemeriksaan senjata api

Harianjogja.com, SLEMAN-Personil Polres Sleman dan jajarannya menjalani pemeriksaan senjata api (senpi) yang digunakannya di Mapolres Sleman pada Senin (29/5/2017). Pemeriksaan rutin dilaksanakan tiap 6 bulan sekali guna memeriksa kelengkapan dan kelayakn senpi.

Kasubbag Humas Polres Sleman AKP Suharyanta menerangkan pemeriksaan dilakukan selama lima hari sejak pekan lalu.

“Hari ini [Senin,29/5/2017] khusus dari satuan reskrim maupun intel, hanya revolver saja,” terangnya pada wartawan di sela-sela pemeriksaan.

Ia mengatakan semua personil kepolisian Sleman yang memegang senpi diwajibkan ikut dalam pemeriksaan ini.

Dikatakan jika personil yang membawa senpi tergabung dalam satuan lalu lintas (lantas), reskrim, narkoba, dan intel. Selain jenis revolver, pemeriksaan juga telah dilakukan untuk jenis senjata laras panjang. Tindakan ini untuk mengetahui kondisi senpi masing-masing dalam pemakaiannya terkait fungsi dan kebersihannya.

Pemeriksaan juga mencermati surat kepemilikan senpi serta izin psikologi yang dimiliki anggota. Hasil pemeriksaan juga mencakup surat izin senpi yang masih berlaku atau sudah kadaluarsa.

Untuk senpi yang tak lagi berlaku masa izinnya maka harus diperpanjang.  Sementara jika izin psikologi personil terkait tak lagi berlaku maka senpi harus diserahkan sampai dilakukan perpanjangan.

AKP Suharyanto menguraikan jika setiap anggota kepolisian yang mengantongsi senpi diharuskan lolos uji psikologi yang dilaksanakan oleh Polda DIY. Izin ini berlaku selama setahun dan harus dilakukan pengujian ulang untuk perpanjangan.

Beberapa senpi yang dianggap kotor dan berpotensi macet kemudian diminta untuk dibersihkan terlebih dahulu dengan minyak senjata yang disediakan di lokasi pemeriksaan.