CURANMOR SLEMAN : Penadah Diamankan Bersama Puluhan Motor dan Sekarung Plat Kendaraan

29 Mei 2017 15:20 WIB Sekar Langit Nariswari Sleman Share :

Reskrim Polres Sleman mengamankan pelaku penadahan pencurian sepeda motor

 
Harianjogja.com, SLEMAN-Reskrim Polres Sleman mengamankan pelaku penadahan pencurian sepeda motor yang berlokasi di Jogonalan, Klaten. Tersangka, Aris Susanto (32), diamankan beserta 15 sepeda motor,  11 rangka kendaraan, dan 1 karung plat nomor berbabagai jenis kendaraan.

Dari hasil penggeledahan, didapati pula 8 gelondong mesin kendaraan berbagai merk dan 1 unit mobil jenis pick up yang diduga sebagai hasil penjualan onderdil kendaraan curian dan dijadikan sarana angkut.

Kapolres Sleman, AKBP Burkan Rudy Satria mengatakan jika motif tersangka ialah membeli sepeda motor hasil curian yang kemudian dibongkar dan onderdilnya dijual terpisah di Pasar Klitikan, Klaten.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya barang bukti lainnya berupa peralatan untuk membongkar kendaraan tersebut dan beragam macam onderdil yang sudah terpisah-pisah.

“Rumahnya sudah seperti workshop, kemungkinan penadah dari berbagai daerah dan sudah cukup lama,” terangnya kepada wartawan di Polres Sleman, Senin (29/5/2017).

Namun, pada beberapa kesempatan, sepeda motor tersebut juga dijual utuh dengan harga berkisar Rp3 juta sampai Rp3,5 juta untuk semua jenis dan tahun kendaraan.

Kendaraan ini dibeli dari para pencuri sepeda motor atau kerap disebut pemetik dengan harga Rp2 juta per unit. Belasan kendaraan tersebut kini diamankan di Mapolres Sleman untuk ditindaklanjuti asal lokasi dan kejadiannya. Burkan menyatakan jika masyarakat yang merasa kehilangan bisa datang langsung dan membawa dokumen kepemilikan kendaraan.

Penggrebekan ini merupakan pengembangan dari kasus tindak pidana pencurian kendaraan bermotor yang terjadi di Juwangen, Purwomatani, Kalasan sebelumnya. AKP Rony Are Setia, Kasat Reskrim Polres Sleman, mengatakan pencurian dilakukan oleh tersangka Heru Susilo (23), warga Depok, Sleman dan Heru Saputro (28), warga Bugisan, Klaten atas kendaraan jenis matik merk Vario tahun 2016.