3 Kepala Dinas di Kulonprogo Tidak Kompeten

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo sibuk menerima tamu dan melakukan koordinasi internal di rumah dinasnya pada hari pertama kerja, Selasa (23/5/2017). (Rima Sekarani I.N./JIBI - Harian Jogja)
29 Mei 2017 07:40 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Kapasitas keilmuan kepala dinasnya tidak sesuai dengan instansi yang dipimpin

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sedikitnya tiga kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tidak kompeten. Kapasitas keilmuan kepala dinasnya tidak sesuai dengan instansi yang dipimpin.

“OPD [organisasi perangkat dinas] yang memiliki pemimpin tidak sesuai keilmuan itu karena alasan kepepet. Orang-orang yang dinilai layak memimpin OPD sangat terbatas,” ungkap Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, Minggu (28/5/2017).

Namun, Bupati tidak mau menyebutkan nama-nama kepala dinas itu. Dia cuma meminta kepada kepala-kepala OPD untuk tetap percaya diri dalam bertugas asalkan tetap bisa memanajerial instansi dengan baik.

Mengingat pada dasarnya, dirinya juga bernasib serupa dengan mereka. “Saya juga dari bidang kedokteran tapi harus belajar tentang pemerintahan,” tutur Hasto.

Pembina Desa Budaya Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Sukaryono mengkritisi belum banyak pejabat di lingkungan Pemkab yang memiliki pemahaman mengenai kebutuhan desa budaya. Dia menilai tak banyak kepala OPD yang memiliki jiwa seni.

Idealnya kepala sebuah OPD adalah orang-orang yang kompeten dan memahami bagaimana mengembangkan bidang yang dibawahinya. Namun, Sukaryono tak dapat berkomentar lebih jauh, mengingat penempatan seseorang dalam OPD tertentu, juga demi performa kinerja mereka di lingkungan Pemkab.