SANITASI PERKOTAAN : Tambahan Pasokan Air Bersih untuk Jogja Batal

Ilustrasi penyaluran air bersih. (Burhan Aris N./JIBI - Solopos)
02 Oktober 2017 12:40 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Tambahan pasokan air bersih untuk Kota Jogja tahun ini tidak terlaksana.

Harianjogja.com, JOGJA-- Rencana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Kota Jogja mendapat tambahan pasokan air bersih sebanyak 200 meter kubik per detik dari Aistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional akhir tahun ini belum bisa terealisasi. SPAM regional baru bisa memasok untuk Kabupaten Bantul dan Sleman.

“Yang Kota Jogja kemungkinan baru bisa di akhir tahun 2018,” kata Direktur Utama PDAM Tirtamarta, Dwi Agus Triwidodo, Minggu (1/10/2017). Agus mengatakan pasokan air minum dari SPAM Regional Kartamantul ke kota harus melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) di wilayah Kronggahan, Sleman. Sementara pembangunan IPA baru bisa dilakukan oleh pusat dan Pemda DIY pada awal tahun depan. Dari IPA Kronggahan, kata Agus, nantinya akan ditampung melalui reservoir milik PDAM Tirtamarta di Bedog, Gamping, Sleman.

http://cms.solopos.com/?p=768715">Baca Juga : AIR BERSIH SLEMAN : Sleman Mulai Gunakan SPAM Regional Kartamantul dari Kali Progo

Rencananya tambahan air bersih dari SPAM Regional sebanyak 400 meter kubik yang akan disalurkan secara bertahap ke Kota Jogja. Per meter kubik PDAM harus membayar Rp2.250. kendati demikian pihaknya masih untung karena PDAM menjual Rp3.500 per meter kubik kepada pelanggan.