Advertisement

Mayoritas Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau di DIY untuk Kesehatan

I Ketut Sawitra Mustika
Kamis, 02 November 2017 - 01:20 WIB
Nina Atmasari
Mayoritas Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau di DIY untuk Kesehatan Ilustrasi kanker paru/paru (Medicalnewstoday.com)

Advertisement

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menerima dana bagi hasil (DBH) cukai hasil tembakau (CHT) sebanyak Rp19,9 miliar

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menggunakan dana bagi hasil (DBH) cukai hasil tembakau (CHT) yang diterima sebesar Rp5,9 miliar untuk kegiatan bisang kesehatan.

Advertisement

Kepala Seksi Perimbangan Keuangan DPPKA DIY, Novita Pravianti merinci, tahun 2016, DBH CHT yang diterima Pemda DIY semuanya dialokasikan untuk kesehatan. Dalam hal ini Rumah Sakit Paru Respira.

RSP Respira mendapatkan jatah sebanyak Rp6,4 miliar untuk menangani penyakit-penyakit karena rokok. Hal ini karena dana tahun sebelumnya masih sisa dan dengan demikian sisanya ditumpuk dengan uang tahun 2016.

Tak hanya Pemda DIY yang menggelontorkan semua DBH CHT untuk kesehatan, Kota Jogja dan Kulonprogo melakukan hal yang sama. Sementara Bantul mengganggarkan Rp3,2 miliar untuk kesehatan, sisanya untuk keperluan peningkatan kualitas tembakau dan industri rokok.

Sedangkan Gunungkidul menganggarkan Rp800 juta untuk kesehatan dan Rp60 juta untuk sosialiasi dampak rokok, sisanya tentu untuk keperluan peningkatan produksi tembakau.

Sedangkan Sleman, katanya, paling banyak mengaanggarkan untuk peningkatan kualitas tembakau dan pembinaan tenaga terampil di industry rokok. Untuk kesehatan ia tak merinci berapa.

Novita juga mengatakan pihaknya sudah memiliki data untuk alokasi  DBH CHT untuk tahun 2017, tapi angkanya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun itu DIY mendapatkan jatah DBH CHT sebanyak Rp19,7 miliar. Rinciannya juga tak jauh berbeda.

Terkait rencana Kementerian Keuangan yang akan menaikkan cukai rokok sebesar 10,04% per 1 Januari 2018, Ia menyambut baik hal tersebut karena kemungkinan DIY akan mendapatkan tambahan suntikan dana.

“DBH CHT nominalnya memang tidak banyak, tapi lumayan lah untuk membantu,” ucapnya ketika ditemui diruangannya, Rabu (1/11/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement