32 TAHUN MENCARI AYAH : Sebut "Abdi Dalem Kraton Jogja", Ayah Ditemukan dalam Waktu 11 Jam

Setelah hampir selama 32 tahun tidak bertemu Dyah Puspita Ayu, 31, akhirnya bertemu dengan bapaknya, Toto Gunarso, 61, Sabtu (18/11/2017). (Beny Prasetya/JIBI - Harian Jogja)
20 November 2017 17:55 WIB Beny Prasetya Jogja Share :

Setelah hampir 32 tahun terpisah dari ayahnya, Dyah Ayu Puspita, 31, akhirnya dipertemukan dengan Toto Gunarso, 68, di Suryatmajan Danurejan

Harianjogja.com, JOGJA- Awalnya Dyah Ayu Puspita, 31, yang akrab dipanggil Ayu hanya ingin curhat atas kerinduannya dengan bapaknya pada sebuah forum di Facebook. Dalam curhatan akun facebook bernama Informasi Kedaruratan dan Kepedulian Jogjakarta (IKKJ) ia menceritakan telah ditinggal bapaknya yang bernama Toto Gunarso, 67, Selama hampir 32 tahun.

Ayu yang sudah berkeluarga dan hidup di Jember, Jawa Timur itu menjelaskan curhatan pada Sabtu (11/11/2017) itu hanya menyantumkan nama bapaknya, alamat dan profesinya. Namun dirinya tak menyangka bahwa IKKJ dapat menemukan bapaknya hanya dengan tengat waktu 11 jam.

“Saya posting Sabtu [11 November], terus paginya saya lihat sudah ditemukan, padahal saya hanya nyantumin nama Toto Gunarso, alamat Jalan Mataram dan sempat menjadi Abdi Dalem Kraton,” jelas Ayu, Sabtu (18/11/2017) sore.

Keyakinan Ayu bahwa orang yang ditunjukan oleh salah satu anggota IKKJ adalah bapaknya, ialah pada kesamaan informasi yang tak diungkapnya di facebook.

Di mana dalam pesan yang ditujukan pada Ayu oleh salah satu anggota IKKJ, tak hanya menyertakan informasi tentang lengkap nama, alamat, dan profesi Toto, namun juga informasi terkait nama mantan istri Toto, Sulastri, yang juga ibu Ayu.

Yakin benar tentang orang tersebut adalah bapaknya yang dicari selama 32 tahun Ayu segera mengatur jadwal. Namun niatan untuk sesegera mungkin menemui bapaknya harus ia urungkan. Pasalnya pada hari Senin (13/11/2017) Pekerjaan sebagai Guru Sekolah Dasar Sumber Pakem di Bondowoso tidak dapat ia tinggalkan.

Begitu juga dengan keluarganya yang telah ia bina selama 10 tahun belakangan ini, ia tidak bisa meninggalkan kedua orang anaknya juga harus bersekolah.

Adapun melalui Ayu, Sulastri yang telah menikah lagi dan memiliki anak menyampaikan bahwa Toto meninggalkan dirinya karena ia tak mau mengikuti mantan suaminya yang bekerja di Jogja. Sulastri juga mengaku, bahwa dari awal memang tak berniat menjalin hubungan dengan Toto apalagi menjalin janji bersama sehidup semati.

Walaupun menikah dengan paksaan, Sulastri tetap memberikan keleluasaan Ayu untuk mencari keberadaan bapaknya yang di Jogja. Selepas kelulusan, perempuan yang telah ditinggal bapaknya saat berumur tiga bulan itu tetap diizinkan Ibunya untuk mencari bapaknya.

“Tapi saya berharap bertemu dengan bapak saya secepatnya, dan saya juga berharap bertemu adik dari anak bapak saya,” kata Ayu berharap.