Layanan Uber Sekarang Bisa Antar Wisatawan Keliling Jogja

Head of Public Policy Uber Indonesia, John Colombo (kanan) dan Dian Safitri selaku Head of Communications Uber Indonesia (kiri) menunjukkan layanan UberTRIP yang ada di aplikasi UBER, Kamis (21/12/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI - Harian Jogja)
21 Desember 2017 21:40 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Penumpang bisa pesan lebih dari tiga jam.

Harianjogja.com, JOGJA--Uber Indonesia meluncurkan layanan baru UberTRIP di Jogja, Kamis (21/12/2017). Melalui layanan ini, pengguna jasa ojek Uber akan lebih leluasa berwisata di Jogja karena tidak dibatasi jarak melainkan waktu.

Head of Public Policy Uber Indonesia, John Colombo mengatakan, melalui layanan ini, pengguna dapat memesan perjalanan minimum tiga jam sehari. Untuk tiga jam pertama, pengguna Uber dikenai tarif Rp180.000 dan selanjutnya akan dikenakan Rp1.000 per menit.

Layanan ini diluncurkan pertama kali di Bali pada 2016 dan Lombok pada Juli 2017. Jogja merupakan kota ketiga. “Harga ini sangat kompetitif sehingga akan menarik,” katanya dalam jumpa pers di Hotel Harper, Kamis (21/12/2017).

Dengan hanya satu kali pesan, pengguna Uber sudah dapat menikmati beberapa lokasi wisata di Jogja. UberTRIP juga siap menunggu pengguna yang sedang melakukan pertemuan bisnis tanpa harus mencari pengemudi lain.

Dian Safitri selaku Head of Communications Uber Indonesia mengatakan, penggunaan layanan UberTRIP di Bali cukup menggembirakan. Jika dibandingkan enam bulan lalu, saat ini penggunaannya sudah naik 30%. Ia pun optimistis kondisi yang sama juga akan dialami Jogja mengingat Jogja juga merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

“Kota Jogja ini kota favorit bagi penumpang Uber. Dalam tiga bulan terakhir, paling tidak ada pengguna Uber dari 64 negara yang berkunjung ke Jogja. Sementara Uber sendiri sudah ada di 78 negara,” tuturnya.

Salah satu mitra pengemudi uber, Ermawan Priyo Putro mengatakan, dengan UberTRIP maka pengemudi akan semakin dimudahkan. Selama ini ada pengguna yang meminta untuk ditunggu saat ia berwisata. Namun karena belum ada metode pembayaran yang jelas dan transparan, pengemudi banyak yang menolak tawaran itu.

“Harapan kami bisa menjangkau lebih dari satu obyek wisata,” katanya.

UberTRIP dapat mengakomodasi hingga enam penumpang dan masing-masing penumpang akan dijamin asuransi. UberTRIP di wilayah Jogja mampu melayani kegiatan wisata tidak hanya Sleman, Bantul, Kota Jogja, Kulonprogo, dan Gunungkidul tetapi sampai Magelang dan Klaten.