Ada Jambore Panjat Tebing di Pantai Gunungkidul

IlustrasiEspos/Ratna Puspita DewiWALL CLIMBING COMPETITION--Atlet panjat tebing Angga Wirawan asal Jakarta mengikuti Kompos Wall Climbing Competition (KWCC 2010) kategori lead, di Stadion Manahan Solo, Sabtu (30 - 10). SOLOPOS 01 NOV 2010 HAL 10 OLAHRAGA
30 Desember 2017 10:40 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Jambore panjat tebing diikuti peserta dari luar pulau.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Pariwisata Gunungkidul akan menyelenggarakan jambore panjat tebing di Pantai Siung, Desa Purwodadi, Tepus, Minggu (31/12/2017). Rencananya kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh atlet lokal regional Jateng-DIY, namun peserta dari luar pulau seperti Bali, Kalimantan Timur hingga Medan.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Gunungkidul Purnomo Sumardamto mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan jambore panjat tebing di Pantai Siung. Untuk pelaksana, selain melibatkan FPTI DIY, juga menggandeng Pokdarwis Siung, Pemdes Purwodadi hingga forum lintas komunitas. “Harapan kami kegiatan jambore panjat tebing dapat berjalan dengan lancar,” kata Damto kepada Harianjogja.com, Jumat (29/12/2017).

Menurut dia, hingga saat ini sudah ada 107 atlet yang menyatakan ikut dalam kegiatan tersebut. Para atlet yang hadir pun tidak hanya dari seputaran wilayah Jateng-DIY, namun juga melibatkan atlet dari daerah lain seperti Jawa Barat, Jawa Timur.

Sedang untuk yang dari luar pulau, meliputi atlet dari Bali, Kalimantan Timur hingga Medan. “Data ini [107 atlet] masih sementara, jadi kemungkinan bertambah masih sangat mungkin karena pendaftaran dibuka hingga jelang kegiatan dimulai,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Saryanto mengatakan, jambore panjat tebing merupakan salah satu rangkaian acara penutupan di 2017. Ia pun berharap, kegiatan tersebut semakin memperkenalkan keindahan alam yang ada di Pantai Siung kepada wisatawan. “Jambore ini juga sebagai ajang promosi di Siung, apalagi di kawasan tersebut terdapat medan pajat tebing alami sehingga dapat menarik minat wisatawan khusus,” katanya.