Advertisement

Rawan Kecelakaan, Warga Swadaya Pasang Rambu

Rheisnayu Cyntara
Senin, 08 Januari 2018 - 13:40 WIB
Bhekti Suryani
Rawan Kecelakaan, Warga Swadaya Pasang Rambu

Advertisement

Minimnya angka kecelakaan akan berdampak pada kunjungan wisata. 

Harianjogja.com, BANTUL--Setelah banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalur wisata Imogiri-Dlingo, warga setempat berinisiatif memasang rambu agar pengguna jalan lebih berhati-hati. Rambu yang dibuat secara swadaya tersebut dipasang di beberapa titik rawan di sepanjang jalur tersebut.

Advertisement

Pantauan Harianjogja.com di lapangan, di sepajang jalur menuju kawasan wisata Mangunan puluhan rambu terpasang. Rambu tersebut berupa peringatan untuk berhati-hati dalam berkendara, bersiap untuk mengganti persneling, tidak saling mendahului di tikungan, dan lain-lain.

Ada pula rambu bertuliskan “Sabar Pir, ojo ndisiki”, “Gunakan gigi satu! Sekarang”, “Awas! Jaga jarak” berupa banner berwarna kuning. Ada juga yang menggunakan spanduk bekas yang ditulisi dengan pilox berwarna merah.

Tokoh masyarakat setempat, Suratman mengatakan pemasangan rambu peringatan tersebut merupakan inisiatif masyarakat menanggapi kerawanan jalur wisata tersebut. Pasalnya jika hanya bertumpu pada pengamanan aparat saja, dapat dipastikan pihak yang berwenang akan kekurangan personil untuk menjaga jalur tersebut selama 24 jam. Oleh sebab itu, langkah antisipasi itulah yang diambil masyarakat.
“Apalagi maju dan berkembangnya pariwisata di Mangunan akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” katanya, Senin (8/1/2018).

Dikatakannya, angka kecelakaan yang berkurang akan berdampak langsung pada peningkatan kunjungan ke objek wisata. “Di 2018 ini ada alokasi dari DIY untuk pelebaran jalan seluas tujuh meter,” imbuh Suratman yang juga anggota DPRD Bantul ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement