Advertisement

Bakal Ada Landmark Kabupaten Kulonprogo di Perbukitan Menoreh

Uli Febriarni
Selasa, 09 Januari 2018 - 21:40 WIB
Bhekti Suryani
Bakal Ada Landmark Kabupaten Kulonprogo di Perbukitan Menoreh

Advertisement

Pemkab berencana bangun penanda kota.

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo berencana membangun penanda kota (landmark) Kulonprogo di kawasan perbukitan menoreh. Penanda kota tersebut akan dibangun melengkapi jembatan yang berada di jalur yang sama.

Advertisement

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kulonprogo, Nur Cahyo Wibowo mengatakan nantinya jembatan tersebut berada di perbatasan Kebonharjo dengan Purworejo, Jawa Tengah. Berada di persimpangan dan dilengkapi dengan pemandangan pepohonan pinus, harapannya akan ada banyak warga dan wisatawan yang berkunjung.

"Warga dan pengunjung bisa berfoto-foto di sana, mengingatkan pada Cemoro Sewu, Karanganyar yang terkenal menjadi spot wisata. Kendati demikian, saat ini kami masih fokus pada proyek bedah menoreh," kata dia, Senin (8/1/2018).

Ia menjelaskan pada 2018 ini proyek bedah menoreh memasuki tahapan percepatan pembangunan. Sedikitnya anggaran sebesar Rp2 miliar dialokasikan untuk membangun trase yang berada di jalur Prangkokan menuju Ngori di Desa Kebonharjo sepanjang 2,6 Kilometer. Setelah itu, proyek akan dilanjutkan dengan membangun jalur Ngori menuju Serguyu.

Sesungguhnya pembangunan konstruksi membutuhkan dana sebanyak Rp26 miliar, diperuntukkan pembangunan jalan dengan panjang 2,67 Kilometer dan lebar tujuh meter. Namun apabila ditotal, secara keseluruhan pembangunan ruas jalan ini membutuhkan Rp46 miliar. Namun pengerjaan dilakukan secara bertahap, pada 2018 pembangunan fokus pembangunan jalan saja tanpa pengaspalan dan jembatan. "Ada kebutuhan membangun jembatan sepanjang 80 meter yang membutuhkan dana Rp20 miliar," kata dia.

Pada 2019 Pemkab akan kembali mengusulkan pembiayaan proyek bedah menoreh sepanjang total 63 kilometer itu lewat Dana Keistimewaan. Saat ini masih masih proses pengajuan ke Pemda DIY.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo Agus Langgeng Basuki mengungkapkan program bedah menoreh dilaksanakan bertahap. Pada 2019 nanti, Pemerintah DIY menyatakan akan melakukan studi kelayakan dan menyusun Detail Engineering Design (DED) jalan bedah Menoreh yang belum diselesaikan kabupaten, termasuk membiayai tahapan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement