Advertisement

Hari Kedua Land Clearing, Empat Orang Ditangkap

Uli Febriarni
Selasa, 09 Januari 2018 - 11:55 WIB
Kusnul Isti Qomah
Hari Kedua Land Clearing, Empat Orang Ditangkap

Advertisement

"Yang kami amankan diduga kuat sebagai provokator"

Harianjogja.com, KULONPROGO-Hari kedua pelaksanaan pembersihan lahan (land clearing) lahan IPL New Yogyakarta International Airport (NYIA) dimulai di Desa Glagah, Selasa (9/1/2018). Sebanyak empat orang aktivis penolak NYIA ditangkap jajaran kepolisian, karena diduga telah memprovokasi warga untuk menghalangi kegiatan pembersihan lahan.

Advertisement

Salah satu aktivis Heronimus Heron menuturkan, pada saat itu aktivis dan relawan bersama warga bertahan di lokasi. Mereka melakukan hal tersebut untukĀ  menjaga lahan warga yang bersertifikat Sertifikat Hak Milik. "Tetapi kami didorong, dipukul, diseret dan ditangkap," kata dia, di lokasi.

Kabagops Polres Kulonprogo Kompol Sudarmawan menuturkan, sejak awal ia telah menekankan kepada personel yang bertugas mengamankan land clearing, agar mengutamakan upaya persuasif dan verbal dalam pengamanan proses pembebasan lahan bandara.

"Yang kami amankan diduga kuat sebagai provokator, karena dia memprovokasi warga dan mahasiswa untuk melawan. Kami harus melindungi PT AP I, PT PP, dan warga, itu kenapa kami mengeluarkan mereka dari area [land clearing]," tambahnya.

Land clearing dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, tetapi situasi ricuh muncul ketika mendekati sekitar pukul 11.00 WIB. Kala itu petugas PT AP I yang dikawal ketat ratusan aparat keamanan gabungan hendak meratakan tanaman milik warga serta tanaman-tanaman yang disebut telah mengikuti proses konsinyasi di pengadilan.

Warga penolak dan aktivis serta mahasiswa mengadang gerak dua unit backhoe yang bekerja di lahan. Saat itu, sempat terjadi adu mulut. Aktivis dan warga berteriak-teriak, diikuti saling dorong dengan aparat yang saat itu masih berada dalam formasi. Tak lama, ada seorang yang berteriak dan formasi aparat sedikit berubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement