UMKM Jogja akan Diarahkan Jual Produk secara Online

11 Januari 2018 15:55 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Pelaku usaha kecil menengah akan dilatih agar pandai mengoperasikan internet dan telepon selular sebagai modal untuk pemasaran

Harianjogja.com, JOGJA -Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (KUKM-Nakertrans) Kota Jogja akan melatih semua pelaku usaha kecil menengah agar pandai mengoperasikan internet dan telepon selular sebagai modal untuk pemasaran.

"Pola konsumen sekarang ingin yang praktis, maka mau tidak mau UMKM harus diarahkan kesana [pemasaran secara online," kata Kepal Bidang UKM, Dinas KUKM-Nakertrans Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto, seusai mengikuti sosialisasi bisnis kuliner berbasis aplikasi yang digagas putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, di Balai Kota Jogja, Rabu (10/1/2018).

Tri Karyadi mengatakan di Jogja ada sekitar 23.000 UMKM yang sebagian besar memproduksi kerajinan tangan dan kuliner. Sebenarnya pihaknya sudah pernah memberikan pelatihan membuat website dan aplikasi, namun belum ditindaklanjuti dengan teknik pengemasan yang bagus agar menarik pembeli.

Menurut dia, memasarkan produk melalui online tidak hanya mengandalkan soal cita rasa makanan, namun butuh keahlian dalam pengemasan agar menjadi daya tarik konsumen di dunia maya.

Karena itu dalam waktu dekat ia akan mengundang beberapa pengusaha yang dianggap sukses dalam memasarkan prosuknya secara online.

Ia mengatakan sosialisasi dari Kaesang Pangarep meski sifatnya promotif, namun bisa memacu pelaku usaha untuk meningkatkan usahanya.

"Ini baru sebatas pemanasan, belum sampai eksekusi. Nanti kelas khusus untuk berbagi pengalaman dengan para pengusaha online," papar Tri Karyadi.