Advertisement

Budaya Jogja Berkesempatan Tampil di Eropa Timur

I Ketut Sawitra Mustika
Jum'at, 12 Januari 2018 - 12:52 WIB
Nina Atmasari
Budaya Jogja Berkesempatan Tampil di Eropa Timur

Advertisement

Duta Besar RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, mengunjungi Kompleks Kepatihan

Harianjogja.com, JOGJA--Duta Besar RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, mengunjungi Kompleks Kepatihan, Kamis (11/1/2018), dalam rangka menjajaki peluang kerja sama antara Pemerintah Daerah (Pemda) DIY dengan Kota Baku, Azerbaijan di bidang pariwisata. Harapannya, dari hubungan yang terjalin, nantinya bisa dijadikan kesempatan mengenalkan budaya Jawa ke Eropa Timur.

Advertisement

Husnan dalam kunjungannya diterima langsung oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X. Pertemuan mulai berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB hingga menjelang siang.

"Ini bukan pertemuan yang pertama, sudah ada pertemuan di sini sebelumnya. Sudah tiga, atau empat kali. Tapi, hari ini pertemuan yang sangat luar biasa. Kenapa? Karena kami langsung bertemu dengan KGPAA Paku Alam X," ucapnya seusai pertemuan.

Materi perbincangan dengan penguasa Kadipaten Pakualaman itu, kata Husnan, membahas tentang tindak lanjut rencana kerja sama antara Jogja, yang dalam kata-katanya digambarkan sebagai "Kota Budaya dan Kota Peradaban" dengan Kota Baku. Kedubes RI di Azerbaijan ingin menjajaki peluang sinergi yang bisa dikembangkan.

"Kami menjajaki apa saja yang bisa dikembangkan dari dua kota ini, sekaligus dua negara, Indonesia dan Azerbaijan. Kerja sama ini bisa jadi tolok ukur perkembangan pariwisata Indonesia di Eropa Timur," katanya.

Ia berharap kesepakatan bisa segera terjalin di antara kedua belah pihak. Husnan mengutarakan sudah ada penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) di bidang budaya dan sejarah.

Selain itu, tahun ini juga diharapkan kunjungan di antara kedua belah pihak bisa terealisasikan.

Husnan menambahkan, pada bulan September mendatang, Kedubes RI di Azerbaijan berencana melangsungkan agenda Indonesia Culture Festival, di Kota Baku. Dirinya pun berharap, delegasi dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat bisa turut ambil bagian dalam.

"Tentu ini bisa jadi kesepakatan untuk promosikan budaya kita ke mancanegara. Kita jelaskan pada dunia, Indonesia itu negara superpower di bidang kebudayaan. Nah, hal tersebut bisa diawali dari budaya Jawa," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement