Jip Lava Tour Merapi Tak Perlu Uji Kir

15 Januari 2018 06:20 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Namun, pemeriksaan berkala tetap harus dilakukan

Harianjogja.com, SLEMAN-Jip wisata tidak termasuk jenis kendaraan yang wajib melakukan uji kir. Meski begitu, pemeriksaan berkala tetap harus dilakukan agar kendaraan tersebut layak memenuhi unsur keselamatan.

Kepala Dishub Sleman Mardiyana mengatakan, kendaraan jip wisata meski mengangkut penumpang tidak termasuk kendaraan wajib kir. Artinya, standarisasi kendaraan angkutan wisata tersebut melalui uji kir belum bisa dilakukan. "Tidak wajib kir sesuai UU No.22/2009," katanya kepada Harianjogja.com, Minggu (14/1/2018).

Berdasarkan UU tentang lalu lintas tersebut, kendaraan yang wajib uji kir seperti kendaraan angkutan barang dan kereta barang. Sementara, jip tidak termasuk yang ditentukan dalam UU. "Pemeriksaan kelengkapan standar keamanan tetap dilakukan," ujarnya.

Standar keamanan seperti standar lampu, rem, ban, dan sabuk pengaman harus disematkan pada kendaraan wisata tersebut. Tidak hanya di wilayah Lereng Merapi, tetapi juga di wilayah wisata lainnya seperti Tebing Breksi. "Nanti akan diatur dalam perbup. Termasuk kewajiban pengemudi memiliki SIM A," ujarnya.