Bursa Motor Terbesar di Jogja Bakal Digelar di Pasar Klithikan

16 Januari 2018 16:40 WIB Rima Sekarani Jogja Share :

Bursa Motor Jogja akan digelar tiap akhir pekan.

Harianjogja.com, JOGJA--PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Danagung Bakti mematangkan persiapan penyelenggaraan Bursa Motor Jogja (BMJ) perdana di Pasar Klithikan Pekuncen, Jogja, Sabtu (20/1/2018) dan Minggu (21/1/2018) mendatang. Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Komunitas Pedagang Pasar Klithikan Pekuncen (Kompak) tersebut selanjutnya akan rutin dilaksanakan setiap akhir pekan.

Ketua Panitia BMJ, Joko Kristianto mengatakan pertumbuhan ekonomi yang agak melambat juga memberikan pengaruh terhadap usaha jual beli sepeda motor bekas. Daya beli masyarakat cenderung turun. Omset para pedagang sepeda motor ataupun berbagai aksesoris pendukungnya di Pasar Klithikan bahkan disebut turun hingga rata-rata 40% di tahun 2017 kemarin. “Antusiasme pasar turun. Jadi harapannya BMJ ini akan meramaikan kembali,” ujar Anto, Selasa (16/1/2018).

Anto mengungkapkan, BMJ bakal menjadi bursa motor terlengkap dan terbesar di DIY. Masyarakat bisa datang untuk sekedar melihat-lihat atau melakukan survei atau langsung melakukan transaksi jual beli di tempat. Masyarakat disuguhkan banyak pilihan karena jumlah sepeda motor yang dapat dipajang saat BMJ mencapai lebih dari 150 unit. Bukan hanya sepeda motor bekas saja, melainkan juga yang masih baru. Para pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan berbagai aksesoris sepeda motor maupun perlengkapan berkendara seperti helm dan lainnya.

BMJ pun dibuat lebih menarik dengan melibatkan sejumlah komunitas pecinta sepeda motor, termasuk mereka yang menggemari motor antik dan kuno. Dengan begitu, BMJ pun bisa dijadikan ajang untuk menunjukkan eksistensi komunitas.

Anto menyatakan para peserta BMJ akan menjual sepeda motor dengan harga yang relatif bersaing. Barang yang diperjualbelikan pun sudah diperiksa kualitasnya serta dipastikan tidak tersangkut masalah hukum sehingga masyarakat tidak perlu ragu. Sistem pembayarannya pun dipermudah. “Masyarakat umum yang mau beli motor silakan ke bawa KTP. BPR Danagung siap membantu membakup pembelian motor dengan syarat dan ketentuan berlaku,” kata Anto.

Anto menambahkan, BMJ juga diharapkan mengangkat perekonomian pedagang di Pasar Klithikan secara umum. Saat mengunjungi BMJ, masyarakat tentu bisa melanjutkan dengan berbelanja barang lain di pasar rakyat tersebut. Ada banyak komoditas yang tersedia, termasuk aneka jajanan dan kuliner. “Tujuan awal BMJ ini memang untuk meningkatkan penghasilan pedagang di Pasar Klithikan,” ucap dia.