Disdukcapil Kulonprogo Rekam Puluhan Data E-KTP di Sekolah

16 Januari 2018 15:55 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Siswa SMAN 1 Wates mendapatkan kesempatan pertama

Harianjogja.com, KULONPROGO-Disdukcapil Kulonprogo mulai melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP) di sekolah-sekolah, Selasa (16/1/2018). Siswa SMAN 1 Wates mendapatkan kesempatan pertama untuk direkam data kependudukannya oleh tim dari Disdukcapil Kulonprogo.

Kabid Pelayanan dan Pendataan Kependudukan Disdukcapil Kulonprogo Sri Harningsih mengatakan, program ini dilakukan bagi wajib e-KTP yang sudah berusia 17 tahun, atau baru akan berusia 17 tahun dalam beberapa waktu mendatang, dan belum memiliki e-KTP. Total ada lebih dari 40 siswa yang datanya akan direkam, mulai dari data pribadi, iris, hingga sidik jari.

Harapannya, dengan jemput bola ke sekolah, Disdukcapil Kulonprogo bisa melakukan percepatan perekaman data e-KTP, khususnya bagi pemula. "Tentu menjadi lebih efektif dan efisien, daripada anak harus mengurus e-KTP sendiri. Selain banyak jenjang, juga akan mengganggu kegiatan belajar mengajar, pengurusan e-KTP butuh waktu," kata dia, di SMAN 1 Wates, Selasa (16/1/2018).

Salah satu siswa yang ikut perekaman data Agnes Valentina mengatakan, sangat terbantu dengan adanya perekaman data e-KTP di sekolah. "Lebih enak dan ringkas, kalau mengurus sendiri lebih susah dan butuh waktu," ujarnya.