Nelayan Gunungkidul Paceklik Ikan

17 Januari 2018 09:42 WIB Herlambang Jati Kusumo Gunungkidul Share :

Harga ikan mulai naik.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Nelayan pantai Sadeng, Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul memasuki masa paceklik ikan. Hal tersebut diakibatkan cuaca yang kurang baik, sehingga menyebabkan gelombong tinggi.

Salah seorang petugas Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Pantai Sadeng, Paito mengungkapkan aktivitas nelayan akhir-akhir ini sepi. "Aktivitas nelayan memang baru sepi ini akhir-akhir ini, karena gelombang saat ini baru tinggi," kata Paito, Selasa (16/1/2018).

Walaupun nelayan berangkat melaut menurut Paito pendapatannya tidak sesuai dengan bahan bakar yang digunakan. Sehingga saat ini para nelayan lebih memilih mencari ikan dalam jarak yang dekat saja, dengan kapal kecil.

Akibat paceklik ikan tersebut juga, harga ikan dikatakan Paito mengalami kenaikan per kilogramnya mencapai Rp5.000-Rp10.000. "Harga jadi naik juga akibat susahnya nelayan mencari ikan," katanya.

Saat ini maksimal pendapatan nelayan hanya sampai 10 kilogram ikan sekali melaut, dengan perahu kecil. Biasanya jika menggunakan kapal ukuran sedang bisa satu ton, dan untuk kapal besar bisa lima hingga tujuh ton. Masa paceklik tersebut diprediksi hingga tiga bulan ke depan.